EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR, PROVINSI SUMATERA SELATAN

Rizki, Rohma (2021) EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR, PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3. RINGKASAN LA_ROHMA RIZKI_28.0371_EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TI.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penulis berfokus pada banyaknya pelaku usaha yang datang ke DPMPTSP Kabupaten OKU Timur untuk bantuan sistem OSS, pegawai yang belum paham penggunaan sistem OSS dan pemanfaatan teknologi informasi (TI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sistem OSS dalam pelayanan perizinan berusaha di DPMPTSP Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode campuran dan analisis terhadap efektivitas menurut Gibson, Ivanovich dan Donnelly. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang terdiri dari 20 responden. Temuan yang diperoleh penulis yaitu sistem OSS meningkatkan jumlah perizinan, prosedur yang jelas melalui SOP, membutuhkan sumber daya yang kecil dengan IKM meningkat, berkurangnya beban kerja dengan adanya insentif, pelayanan menjadi lebih cepat, mudah dan murah serta dapat mengidentifikasi pelanggaran dan memberikan sanksi kepada pelaku usaha. Meskipun terkendala dengan sarana yang belum memadai, gangguan sistem OSS pusat, SDA yang kurang berkualitas, kemampuan pelaku usaha dalam penggunaan sistem OSS dan pemanfaatan TI yang rendah serta kekosongan jabatan struktural. Sistem OSS di DPMPTSP Kabupaten OKU Timur sudah berjalan dengan efektif dikarenakan meningkatkan pelayanan perizinan berusaha dengan cepat, mudah dan murah. Guna meningkatkan keefektifitasan sistem dan lebih bermanfaat bagi pegawai dan masyarakat, disarankan penambahan 1 (satu) unit komputer di front office, sosialisasi sarana layanan pengaduan perizinan berbasis online, pemasangan data internet daya yang tinggi serta penambahan sarana dan prasarana pendukung pekerjaan. Kata kunci: Efektivitas; Sistem OSS; Pelayanan; Perizinan; Berusaha; OKU Timur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:27
Last Modified: 30 Sep 2021 03:27
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item