PELAKSANAAN PELAYANAN PENANDATANGANAN SURAT KETERANGAN SECARA DIGITAL (P2SUKED) DI KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Wibowo, Arief Satria (2021) PELAKSANAAN PELAYANAN PENANDATANGANAN SURAT KETERANGAN SECARA DIGITAL (P2SUKED) DI KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3. RINGKASAN LA_ARIEF SATRIA WIBOWO_28.0332_PELAKSANAAN PELAYANAN PENANDATANGANAN SURAT KETERANGAN SECARA DIGITAL (P2SUKED).docx.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Laporan Akhir ini berjudul “Pelaksanaan Pelayanan Penandatanganan Surat Keterangan Secara Digital (P2SUKED) Di Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan”. Pada era revolusi industri 4.0 yang menuntut perkembangan teknologi yang serba digital begitu juga tata kola pemerintahan. Diterapkannya e-government yakni dengan menggunakan inovasi pelayanan penandatanganan administrasi berbasis digital yaitu pengunaan tanda tangan elektronik di Kecamatan Alang-Alang Lebar agar mempermudah dan mempercepat serta penyederhanaan dalam hal pelayanan pengurusan surat-surat keterangan dan perizinan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan Pelayanan Penandatanganan Surat Keterangan Secara Digital di Kecamatan Alang-Alang Lebar, faktor pendukung dan penghambatnya, serta upaya Kecamatan Alang-Alang Lebar.Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif induktif. Adapun sumber data yang digunakan adaalah data-data primer dan sekunder dari catatan lapangan, transkrip wawancara, dokumen, dan foto. Teori yang digunakan adalah konsep pelaksanaan menurut Van Horn dan Van Meter yang mempunyai 6 variabel. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam Pelaksanaan Pelayanan Penandatangan Surat Keterangan Secara Digital di Kecamatan Alang-Alang Lebar yang menjadi faktor pendukung yaitu 1) Ukuran dan sasaran kebijakan yang ditargetkan tercapai, 2) Sikap Pelaksana dalam keramahan dan kedisiplinan petugas pelayanan sudah sangat baik, 3) Komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana dalam hal sosialisasi, konsistensi dan kejelasan antar organisasi dilakukan secara maksimal. Faktor penghambatnya yaitu 1) jaringan internet dan listrik sering bermasalah, 2) latar belakang dan kompetensi sumber daya aparatur kurang memadai. Upaya yang dilakukan menambah fasilitas pendukung seperti jaringan internet pribadi dan generator listrik untuk mengatasi gangguan yang sering terjadi dan melaksanakan pelatihan kepada pegawai untuk menambah keterampilan dan kompetensi di bidang informasi dan teknologi. Kata Kunci :Pelaksanaan, Pelayanan, Tanda Tangan Digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:59
Last Modified: 24 Sep 2021 07:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item