KINERJA APARATUR DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN DI KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT

Hidayat, Rahmat (2021) KINERJA APARATUR DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN DI KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3 RINGKASAN LA-SKRIPSI PRAJA (RAHMAT HIDAYAT_28.0205_KINERJA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN DI KABUPATEN AGAM PROVINSI.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Laporan ini yang berjudul “Kinerja Aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat” ditulis guna untuk mengetahui proses peningkatan kinerja yang dapat dilakukan agar aparatur dapat meningkatkan kualitas pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan melalui perspektif teoritis maupun perspektif normatif. Peneitian ini dilakukan dengan meneggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif dalam menjelaskan keadaan objek penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian penulis dilokasi magang masih banyak kekurangan pada kinerja aparatur maupun pelayanan publik. Hambatan yang dimiliki yaitu, kurang nya disiplin aparatur dalam bekerja, jaringan internet, kurangnya semangat dan motivasi pegawai, kurangnya kualitas sumber daya aparatur, keterlambatan OPD terkait dalam pemberian izin, kurangnya pengetahuan masyarakat akan persyaratan perizinan dan kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan. Berdasarkan hambatan tersebut maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu memiliki upaya yaitu pembinaan disiplin pegawai, penyediaan wifi meningkatkan peran kepala dinas sebagai pengingat dan motivator bagi para pegawai melakukan rapat dengan OPD terkait serta mengajukan usulan kebutuhan pegawai sesuai bidang tugas yang dibutuhkan. Dari pembahasan diatas penulis memiliki saran yaitu penambahan sarana dan prasarana bagi Dinans Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, memberlakukan aturan wajib apel pagi dan sore, pemberlakuan reward dan punishment bagi pegawai, melaksanakan rapat dengan OPD terkait. Kata kunci : kinerja, aparatur, pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:47
Last Modified: 24 Sep 2021 07:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item