KINERJA APARATUR KECAMATAN MAIWA DALAM PELAYANAN E-KTP SEMASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG PROVINSI SULAWESI SELATAN

Aguslan, Aguslan (2021) KINERJA APARATUR KECAMATAN MAIWA DALAM PELAYANAN E-KTP SEMASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG PROVINSI SULAWESI SELATAN. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3.RINGKASAN LA (AGUSLAN_28.1068_KINERJA APARATUR KECAMATAN MAIWA DALAM PELAYANAN E-KTP SEMASA PANDEMI COVID-19 di kecamatan maiwa kabupaten Enrekang provinsi Sulawesi Selatan.docx.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Dalam Penyusunan Laporan Akhir, penulias mengambil judul “Kinerja Aparatur Kecamatan Maiwa Dalam Pelayanan e-KTP Semasa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak pegawai yang belum bisa bekerja secara maksimal, kurangnya pegawai di kecamatan Maiwa, serta adanya laporan masyarakat yang kurang memuaskan mengenai pelayanan administrasi kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai Kecamatan Maiwa dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat serta apa saja hambatan dan juga upaya yang untuk mengatasinya. Penilaian kinerja meggunakan teori dari Mondy, Noe, Premeaux dengan dimensi Kuantitas, Kualitas, Kemandirian, Inisiatif, Adaptabilitas, dan Kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan sudah cukup baik namun belum optimal karena masih ada permasalahan dalam pelaksanaannya yakni pada indikator kuantitas pekerjaan hal ini dikarenakan fasilitas yang sudah layak untuk diperbaharui seperti komputer dan jaringan yang sering error, indikator kepuasan masyarakat terkait dengan masyarakat yang kurang memahami prosedur pelayanan, serta permasalahan terkait kekurangan pegawai.Upaya yang dilakukan kecamatan yaitu Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan sudah cukup baik namun belum optimal karena masih ada permasalahan dalam pelaksanaannya yakni pada fasilitas yang sudah layak untuk diperbaharui seperti komputer dan jaringan yang sering error, memiliki permasalahan terkait kekurangan pegawai serta masyarakat yang kurang memahami prosedur pelayanan. Upaya yang dilakukan kecamatan yaitu memperbaharui sarana dan prasarana yang ada di bagian administrasi kependudukan, penambahan pegawai di bidang administrasi kependudukan, memberikan sosialisasi kepada aparat desa terkait regulasi terbaru akan prosedur pelayanan administrasi kependudukan. Kata kunci: e-KTP, kinerja, pelayanan, kependudukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:49
Last Modified: 23 Sep 2021 02:49
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item