STRATEGI PENGELOLAAN PAJAK RESTORAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA JAMBI

Pangestu, Prayogi (2021) STRATEGI PENGELOLAAN PAJAK RESTORAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA JAMBI. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN LA (1).pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara yang diatur dalam Undang-Undang dengan tidak mendapatkan balas jasa secara langsung, yang dapat diperuntukkan untuk kepentingan umum. Pajak yang dihasilkan oleh daerah disebut Pajak Daerah. Salah satu bentuk Pajak Daerah yaitu Pajak Restoran sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Adapun permasalahan pada Laporan Akhir ini adalah Pendapatan Pajak Restoran tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya hal ini disebabkan adanya pandemi covid-19, kurangnya kesadaran wajib pajak akan pentingnya membayar pajak dan sarana dan prasarana yang masih kurang. Tujuan Laporan Akhir ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi pengelolaan Pajak Restoran di Kota Jambi, kemudian mengetahui faktor penghambat dan cara (tindakan) yang dilakukan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19 ini. Data yang didapat dilapangan diolah menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan klasifikasi sumber data seperti person, place, dan paper dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian selama proses magang di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi kemudian dipadukan dengan teori keberhasilan peningkatan penerimaan pajak melalui Upaya Pajak, Hasil Guna dan Daya Guna dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan Strategi Pengelolaan Pajak Restoran belum maksimal dan masih harus dimaksimalkan di masa yang akan mendatang. Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan, Pajak Restoran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:59
Last Modified: 21 Sep 2021 06:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item