IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik)

Safitri, Nurul (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik). Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3.Ringkasan LA_Nurul Safitri_28.0560_Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus Pelayananan KTP-EL).pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik)”. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Pameungpeuk dengan studi kasus pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta faktor penghambat dalam implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dan bagaimana cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif yaitu suatu metode untuk membuat gambaran secara jelas dan sistematis, faktual, dan akurat dari-data dan fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dengan studi kasus pelayanan kartu tanda penduduk elektronik berdasarkan teori Edward III dengan indikator yaitu komunikasi, sumber daya pelaksana, disposisi birokrasi, dan struktur birokrasi sudah berjalan dengan lancar. Namun masih terdapat beberapa faktor penghambat yang berkaitan dengan sumber daya pelaksana, sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur pelayanan administrasi kependudukan, dan lambatnya distribusi blanko dan ribbon dari pihak pemerintah pusat. Penulis menyarankan agar Kecamatan Pameungpeuk mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait alur pelayanan yang ada di kecamatan, serta mengecek ketersediaan blanko dan ribbon dan memprioritaskan blanko yang ada untuk pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik pemula. Kata Kunci: Implementasi, PATEN, E-KTP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:24
Last Modified: 21 Sep 2021 02:24
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item