Prananda, Ignasius Florens Crysti (2021) KINERJA APARATUR BADAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PAJAK RESTORAN DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.
|
Text
3. FORMAT RINGKASAN LA-SKRIPSI_IGNASIUS FLORENS CRYSTI PRANANDA_28.1463_KINERJA APARATUR BADAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PAJAK RESTORAN DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Manokwari merupakan suatu unsur perencanaan dari penyelenggaraan pemerintah daerah, secara garis besar pelayanan yang diberikan yaitu melaksanakan pelayanan pemungutan pajak daerah dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pendapatan daerah, Laporan Akhir ini berjudul “KINERJA APARATUR BADAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PAJAK RESTORAN DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT”. Di latarbelakangi semakin beratnya tugas pokok BAPENDA sebagai Organisasi Perangkat Daerah. Pedatan Daerah dalam penarikan pajak restoran setelah diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, dan Peraturan Daerah Kabupaten Manokwari Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pajak Restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja aparatur BAPENDA dalam peningkatan pelayan pajak restoran di Kabupaten Manokwari dan guna mengatasi hambatan dalam kinerja aparatur untuk meningkatkan pelayanan pajak restoran, maka diperlukan suatu upaya-upaya yang di lakukan dalam peningkatan pelayanan pajak restoran di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Pada penelitian ini peneliti meninjau kinerja aparatur Badan Pendapatan Daerah dalam peningkatan pelayanan pajak restoran dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif dimana peneliti memberikan suatu gambaran mengenai data dan fakta yang terdapat di lokasi penelitian melalui Teknik pengumpulan data triangulasi (Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi), selanjutnya data di analisis menggunakan model analisis yaitu dengan melakukan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukan bahwa kinerja aparatur dalam peningkatan pelayanan pajak restoran di Kabupaten Manokwari di pengaruhi oleh factor internal yang berupa struktur organisasi yang belum sesuai dengan tingkat kualifikasi Pendidikan, kompetensi sumber daya aparatur, serta pemahaman terhadap proses pelayanan terkait penarikan pajak restoran, serta aparatur yang masih belum sadar akan tugas dan tanggungjawabnya dalam menjalankan tugasnya. Kata kunci: Kinerja, Aparatur, Pajak Restoran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Auliya Noviyani Sardi |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 08:15 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 08:15 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6119 |
Actions (login required)
View Item |