INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM PENINGKATAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Adoe, Albert Friyanto (2021) INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM PENINGKATAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN LA_ALBERT FRIYANTO ADOE_28.1025_INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KUPANG PR.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Pengaruh perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi, waktu pembuatan dokumen kependudukan, penggunaan jasa calo dalam pengurusan dokumen kependudukan, jumlah persyaratan dokumen kependudukan yang banyak menjadi latar belakang dari permasalahan penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis inovasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan (SIMPEL) dalam peningkatan kualitas pelayanan dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang, mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penulis melakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan (SIMPEL) dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan karena sudah sesuai dengan prosedur pelayanan yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang karena sudah diuji dan terbukti memberikan pengaruh terhadap pengurusan dokumen kependudukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis dapat menarik Kesimpulan permasalahan inovasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan (SIMPEL) berada pada konektifitas jaringan dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang Sistem Informasi Manajemen Pelayanan (SIMPEL). Adapun beberapa saran dari penulis kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang agar melakukan evaluasi pelayanan, menyiapakan jaringan internet yang dikhusukan untuk pelayanan, mengadakan sosialisasi dan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Kata Kunci : Inovasi, SIMPEL, Dokumen Kependudukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:55
Last Modified: 13 Sep 2021 06:55
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item