KINERJA APARATUR DINAS PERHUBUNGAN DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR JENIS ANGKUTAN DI KOTA KOTAMOBAGU

Zulhadji, Jiff Akbar (2021) KINERJA APARATUR DINAS PERHUBUNGAN DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR JENIS ANGKUTAN DI KOTA KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3)RING_1.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja dan sejauh mana kinerja aparatur Dinas Perhubungan dalam melakukan pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan di Kota Kotamobagu serta hambatan dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja aparatur Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu. Dalam indikator kinerja menurut Dwiyanto (2008) terdapat lima indikator yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan data informan yaitu Kepala Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu, Kabid LLAJ, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor, dan Masyarakat. Teknik Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kinerja Aparatur Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu belum optimal. Terdapat kendala/ hambatan diantaranya jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kurang, kurangnya ketersediaan sumber daya aparatur dari segi kualitas, keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya pengawasan di balai pengujian kendaraan bermotor dan kurangnya anggaran. Upaya yang dilakukan aparatur Dinas Perhubungan adalah memaksimalkan kinerja aparatur yang ada dengan semangat kerja yang tinggi dan konsisten, penambahan sarana dan prasarana lewat perencanaan anggaran tahunan, membuat permohonan distribusi Aparatur Sipil Negara ke BKD, dan menambah anggaran di Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu lewat rapat paripurna. Hasil penelitian bahwa kinerja aparatur Dinas Perhubungan masih belum optimal, karena masih ada beberapa indikator kinerja yang belum terpenuhi. Saran yang dapat penulis berikan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, penambahan sarana dan prasarana, serta penambahan jumlah Aparatur Sipil Negara di Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu. Kata Kunci: Kinerja, Aparatur, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:28
Last Modified: 09 Sep 2021 07:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item View Item