STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MENGATASI KEKURANGAN TENAGA PENDIDIK DI KOTA PONTIANAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Bayu, Valentino Christ Vowell Van (2021) STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MENGATASI KEKURANGAN TENAGA PENDIDIK DI KOTA PONTIANAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT. Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img]
Preview
Text
3.FORMAT RINGKASAN LA-SKRIPSI PRAJA(VALENTINO CHRIST VOWELL_28.0855_STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MENGATASI KEKURANGAN TENAGA PENDIDIK DI KOTA PONTIANAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT).pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dalam Mengatasi Kekurangan Tenaga Pendidik di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat”. Standarisasi pendidikan yang ada di Kota Pontianak dapat dikatakan rendah hal ini di sebabkan salah satunya oleh faktor pendidikan dimana di Kota Pontianak masih kekurangan tenaga pendidik. Tujuan magang ini untuk mengetahui strategi apa yang akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik, faktor-faktor penghambat serta faktor pendukung untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik, dan cara untuk mengatasi faktor penghambat dalam mengatasi kekurangan tenaga pendidik. Penulis menggunakan teori dari koteen yaitu teori strategi yang dibagi menjadi empat strategi yaitu strategi organisasi, strategi program, strategi pendukung dan strategi kelembagaan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif, dimana penulis mendapatkan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengatasi kekurangan tenaga pendidik yang ada di Kota Pontianak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan strategi yang tepat serta sangat baik, hanya perlu lebih di optimalkan lagi. Salah satu kendala terbesar yang di hadapi untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik yang ada di Kota Pontianak yaitu pemerataan penempatan tenaga pendidik yang belum menyeluruh dikarenakan pengaruh jumlah penerimaan formasi PNS serta moratorium, kurangnya tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya dalam mengajar, masih banyak tenaga pendidik yang belum memiliki kualifikasi dan kompetensi atau tenaga pendidik profesional, dan juga tenaga pendidik yang berstatus PNS yang masih kurang. Kata Kunci: Strategi, tenaga, pendidik, kabupaten, dinas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Auliya Noviyani Sardi
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:41
Last Modified: 09 Sep 2021 05:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/6083

Actions (login required)

View Item View Item