OMBUDSMAN KOTA MAKASSAR Pengalaman Pembangunan Ombudsman Daerah Sebagai Bagian dari Pembangunan Lembaga Pengawasan di Indonesia

Patarai, Dr. H. Muhammad Idris (2008) OMBUDSMAN KOTA MAKASSAR Pengalaman Pembangunan Ombudsman Daerah Sebagai Bagian dari Pembangunan Lembaga Pengawasan di Indonesia. Cetakan Pertama, 1 (-). Kemitraan bagi Pembanian Tata Pemerintahan di Indonesia bekerja sama dengan Pemerinlah Kota Makassar, Makassar. ISBN 978-979-26-9630-1

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
OMBUDSMAN KOTA MAKASSAR.pdf

Download (43MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Peer Review Buku OMBUDSMAN KOTA MAKASSAR Pengalaman Pembangunan Ombudsman Daerah Sebagai Bagian dari Pembangunan Lembaga Pengawasan di Indonesia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik rnerupakan agenda penting dalam reformasi birokrnsi di Indonesia. Hal ini disebabkan karena keberhasilan pemerintah dalam rnenyelenggarakan pc!ayahan publik yang bcbas korupsi dan berorientasi pada kepelingan masyarakat akan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap insititusi pemerintah. Keberhasian terscbut bergantung pada komitmen pemangku kepentingan dalam melakukan perbaikan internal birokrasi dan kapasitas pemerintah dalam memperbaiki sistem pengawasan yang efektif dan partisipatif. Untuk itulah Kemitraan senantiasa mendukung inisiatif daerah dalam upayanya rnewujudkan tata pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip goad governance. Dalam rangka mengatasi kelemahan sistem pengawasan internal di internal birokrasi pemerintahan dan membangun mekanisme pengavvasan yang partisipatif di kota Makassar, pemerintah kota :rv1akassar telah menginisiasi pembentukan sebuah lembaga indepf'nden yang bernama Ombudsman Kota Makassar pada tahun 2007. Munculnya Ombudsman Kota Makassar ini diilhami dari keberhasilan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengakselerasi reformasi birokrasi melalui pembentukan lembaga Ombudsman daerah. Ombudsman Kota Makassar ini merupakan lcmbaga independent yang didirikan scbagai lernbaga yang mampu menjembatani masyarakal Makassar dengan pemerintah Kata Makassar. Orn.budsman Kota .Makassar ini diharapkan rnenjadi ini tonggak baru penciptaan iklim pelayanan publik yang adil dan berkualitas. Lembaga ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan publik bagi masyarakat Makassar untuk sektor pelayanan publik dan dunia usaha. Scbagai sebuah lembaga baru, kehadiran lcmbaga in:i selayaknya disosiliasikan kepada masyarakat baik di kota Makassar maupun nasional agar eksislensi dan fungsinya dikenal dan direspon secara posit:if. Unh1k itulah Kemltraan mendukung keingimm Pemerintah Kota Makassar untuk Jnenerbitkan sebuah buku yang berisi materi tentang Ombudsman dan catatan pengalaman dan pembelajaran selama proses pembentukan Ombudsman Kota Makassar sampai dengan pemilihan komissioner. Tujuan penulisan buku ini adalah w1tuk menyebarluaskan informasi rncngenai pernbentu kan Ombudsman lersebut kepada jajaran pemerintah daerah laindanmasyarakat pada umumnya. lde yang te.rtuang dalanu1ya di harapkan dapat menjadi bahan referensi bagi daerah lain yang ingin mereplikasi pembentukan Ombudsman daerah.

Item Type: Book
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Campus > IPDN Kampus Sulawesi Selatan
Depositing User: Dr Idris Patarai
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:49
Last Modified: 29 Mar 2021 02:29
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/5870

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item