Wenur, Rackel and Indrayani, Etin (2025) EVALUASI EFEKTIVITAS PROMOSI PARIWISATA MELALUI INSTAGRAM @pariwisatatomohon DI KOTA TOMOHON PROVINSI SULAWESI UTARA. Other thesis, IPDN.
![]() |
Text
1 RACKEL REPOSITORI.pdf Download (611kB) |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of inconsistent account posting schedules resulting in low interest and interaction from the audience towards the @pariwisatatomohon account. Purpose: The purpose of this study is to evaluate the effectiveness of tourism promotion in Tomohon City which is carried out through the Instagram account @pariwisatatomohon as a digital media in introducing Tomohon City tourism. Method: This study uses a qualitative method with a descriptive approach, data collection techniques through content observation, interviews with followers, and documentation. Result: The findings obtained by the author in this study are that although the @pariwisatatomohon account has quite good visual content quality and is able to attract the attention of the audience through the reels and Instagram stories features, the consistency of the posting schedule still needs to be improved so that Tourism Promotion can continue to grow. Conclusion: In general, this account makes a positive contribution in increasing followers' interest in tourism potential through the Instagram account @pariwisatatomohon. The author suggests optimizing content and increasing interaction with the audience which can be started by creating a fixed posting schedule, improving the quality of the content posted, and increasing cooperation with the Community Keywords: Tourism Promotion, Social Media, Instagram, Evaluation, Effectiveness ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan ketidak konsistenan jadwal postingan akun sehingga mengakibatkan rendahnya minat dan interaksi dari audiens terhadap akun @pariwisatatomohon. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas pomosi pariwisata di Kota Tomohon yang dilakukan melalui akun Instagram @pariwisatatomohon sebagai media digital dalam memperkenalkan pariwisata Kota Tomohon.Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi konten, wawancara dengan followers, serta dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu meskipun akun @pariwisatatomohon memiliki kualitas visual konten yang cukup baik dan mampu menarik perhatian audiens melalui fitur reels dan Instagram stories, konsistensi jadwal posting masih perlu ditingkatkan agar Promosi Pariwisata dapat terus berkembang Kesimpulan: Secara umum, akun ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan ketertarikan followers terhadap potensi wisata melalui akun Instagram @pariwisatatomohon penulis menyarankan adanya optimalisasi konten dan peningkatan interaksi dengan audiens yang dapat dimulai dengan membuat jadwal postingan yang tetap, meningkatkan kualitas konten yang diposting, serta meningkatkan kerja sama dengan Masyarakat Kata kunci: Promosi Pariwisata, Media Sosial, Instagram, Evaluasi, Efektivitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:19 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:19 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/25017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |