PENILAIAN KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Septiawan, Feri and Nurdin, Ismail (2025) PENILAIAN KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repository_Feri Septiawan_32.0440-1.pdf

Download (595kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini didasarkan pada rendahnya Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Pekalongan. Fokus dalam penelitian ini adalah masih ditemukan beberapa kekurangan atau kendala pada Website Pemerintah Kabupaten Pekalongan (www.pekalongankab.go.id) sehingga perlu dilakukan uji kualitas website tersebut sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan publik digital. Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas website www.pekalongankab.go.id terhadap kepuasan pengguna dengan menggunakan Webqual 4.0 sebagai indikatornya. Webqual 4,0 digunakan untuk mengukur kualitas melalui tiga dimensi utama, yaitu usability (kegunaan), information quality (kualitas informasi), dan service interaction quality (kualitas interaksi layanan), serta kepuasan pengguna sebagai variabel dependen. Metode: Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif inferensial. Lokasi penelitian ditetapkan di Kabupaten Pekalongan yang merepresentasikan pengguna website www.pekalongankab.go.id. Data dikumpulkan melalui teknik penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert, selanjutnya data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan software berupa SPSS versi 27. Hasil Penelitian: menunjukkan bahwa variabel usability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel service interaction quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Ketiga dimensi Webqual 4.0 secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai persentase sebesar 80,3% dan sisanya sebesar 19,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini (epsilon). Kesimpulan: bahwa semakin baik kegunaan sistem, kualitas informasi yang diberikan, serta kualitas interaksi la:yanan yang disediakan, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi yang diterima. Temuan ini menjadi dasar penting bagi Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam meningkatkan kualitas website sebagai layanan publik berbasis digital. Kata kunci: E-Government, Kualitas Website, SPBE, Webqual 4.0 ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This study is based on the low Electronic-Based Government System Index (SPBE) of Pekalongan Regency. The focus of this study is that there are still several shortcomings or obstacles found on the Pekalongan Regency Government Website (www.pekalongankab.go.id) so it is necessary to conduct a quality test of the website as evaluation material to improve the optimization of digital public services. Purpose: The purpose of the study was to determine the effect of www.pekalongankab.go.id website quality on user satisfaction by using Webqual 4.0 as an indicator. Webqual 4.0 is used to measure quality through three main dimensions, namely usability, information quality, and service interaction quality, as well as user satisfaction as a dependent variable. Methode: The research method uses an inferential quantitative approach. The location of the research was determined in Pekalongan Regency which represented the users of the www.pekalongankab.go.id website. Data was collected through the questionnaire dissemination technique using the Likert scale, then the data was analyzed by multiple linear regression analysis using the help of software in the form of SPSS version 27. Result: The results of this study show that the usability variable has a positive and significant effect on user satisfaction, the information quality variable has a positive and significant effect on user satisfaction, and the service interaction quality variable has a positive and significant effect on user satisfaction. The three dimensions of Webqual 4.0 together had a significant effect on user satisfaction with a percentage value of 80.3% and the remaining 19.7% were influenced by other factors outside of this study (epsilon). Conclusion: The conclusion is the better the usability of the system, the quality of the information provided, and the interaction of the services provided, the higher the level of user satisfaction with the information system received. This finding is an important basis for the Pekalongan Regency Government in improving the quality of websites as a means of digital-based public services. Keywords: E-Government, SPBE, Webqual 4.0, Website Quality

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 24 Jun 2025 00:31
Last Modified: 24 Jun 2025 00:31
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/24925

Actions (login required)

View Item View Item