Utami, I Gusti Ayu Dea Kania and Alma'arif, Alma'arif (2025) KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN LOMBOK BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
![]() |
Text
32.0617_I Gusti Ayu Dea Kania Utami-New.pdf Download (640kB) |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The Population and Civil Registration Service (Dukcapil) is responsible for managing population data so that good performance is needed to manage it. However, in its implementation there are indicators that show that the performance of the Dukcapil Service of West Lombok Regency is not optimal. Purpose: The purpose of this study was to determine the causes of the less than optimal performance of the Dukcapil Service of West Lombok Regency. Method: This study uses a qualitative method with a quantitative approach and uses thematic analysis assisted by coding techniques using the Nvivo application and uses the concept of factors influencing performance according to Atmosoeprapto in (Wardhana et al., 2023) as well as data collection techniques through interviews and documentation. Result: The results of the study indicate that in the internal factors, the Organizational Objectives subdimension found obstacles to community dynamics and problems with changes in data storage systems that affect target achievement, in the Organizational Structure and Human Resources subdimension no obstacles were found, in the Organizational Culture subdimension found the time estimate in the SOP only describes ideal conditions without any potential obstacles in the field. On the other hand, in the external factors, several obstacles in the Political subdimension are changes in the assessment system from KEMENPAN RB, in the economic subdimension running well with progressive achievements, in the Social subdimension found public awareness can be influenced by the level of education they have. Conclusion: This study concludes that the cause of the less than optimal performance of the Dukcapil Service of West Lombok Regency is influenced by internal and external factors that have not been resolved. Keywords: Innovation, Internal, Performance, Service ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bertanggungjawab atas pengelolaan data kependudukan sehingga diperlukan kinerja yang baik untuk mengelolanya. Namun pada pelaksanaannya terdapat indikator yang menunjukan kinerja Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat belum optimal. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab belum optimalnya kinerja Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan analisis tematik yang dibantu dengan teknik coding menggunakan aplikasi Nvivo dan menggunakan konsep faktor yang mempengaruhi kinerja menurut Atmosoeprapto dalam (Wardhana et al., 2023) serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor internal, subdimensi Tujuan Organisasi ditemukan adanya kendala dinamika penduduk dan permasalahan perubahan sistem penyimpanan data sehingga mempengaruhi pencapaian target, pada subdimensi Struktur Organisasi dan Sumber Daya Manusia tidak ditemukan adanya kendala, pada subdimensi Budaya Organisasi ditemukan estimasi waktu pada SOP hanya menggambarkan kondisi ideal tanpa memperhitungkan potensi kendala di lapangan. Di sisi lain, pada faktor eksternal terdapat beberapa kendala pada subdimensi Politik yakni adanya perubahan sistem penilaian dari KEMENPAN RB, pada subdimensi ekonomi berjalan baik dengan pencapaian yang progresif, pada subdimensi Sosial ditemukan kesadaran masyarakat dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang dimiliki. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyebab belum optimalnya kinerja Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat dipengaruhi dengan adanya faktor internal dan eksternal yang belum dapat diselesaikan. Kata kunci: Inovasi, Internal, Kinerja, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:27 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 01:27 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/24474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |