PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA SEKTOR KULINER PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MALANG

Turnip, Cristin Claudya and Sayuti, Sayuti (2025) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA SEKTOR KULINER PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MALANG. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
Cristin Claudya_32.0516_Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Sektor Kuliner Pada Generasi Milenial di Kota Malang.pdf

Download (390kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Indonesia's economic development emphasizes the growth of the creative economy, which is rooted in culture, environment, and local creativity, with MSMEs serving as a central pillar. In this context, the millennial generation—comprising 30.07% of Indonesia's population and 23% of Malang City's residents—plays a strategic role due to its creative, adaptive, and tech-savvy nature. Malang City has rapidly developed as a hub for the creative industry, particularly in the culinary sector, which accounts for more than 50% of the total MSMEs. However, despite this growth, millennial entrepreneurs continue to face various challenges, including limited access to capital, legal barriers, and low business competitiveness. These issues are closely related to the suboptimal implementation of entrepreneurial orientation, such as innovation, risk-taking, and competitive aggressiveness, which ultimately affects their ability to sustain and grow their businesses in an increasingly competitive environment. Purpose: This study aims to describe and analyze the influence of entrepreneurial orientation on market reach, sales volume, and profit level among millennial culinary entrepreneurs in Malang City. Method: Using quantitative approach with Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis and SmartPLS 4 software. Data were collected from 100 millennial culinary entrepreneurs in Malang City through the distribution of structured (closed-ended) questionnaires. Result: The results of the study indicate that entrepreneurial orientation influences market reach by 69.1%, sales volume by 61.8%, and profit level by 69.4%. Conclusion: reinforces the conclusion that there is a positive influence of entrepreneurial orientation on the business performance of millennial MSME entrepreneurs. Keywords : Millennial Generation, Business Performance, Entrepreneurial Orientation ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pembangunan ekonomi Indonesia menekankan pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis pada budaya, lingkungan, dan kreativitas lokal, dengan UMKM sebagai pilar utama. Dalam konteks ini, generasi milenial yang mencakup 30,07% penduduk Indonesia dan 23% dari populasi Kota Malang, memiliki peran strategis karena karakteristiknya yang kreatif, adaptif, dan melek teknologi. Kota Malang sendiri berkembang pesat sebagai pusat industri kreatif, terutama pada sektor kuliner yang menyumbang lebih dari 50% dari total UMKM. Namun, di balik pertumbuhan ini, pelaku usaha milenial masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan modal, kendala legalitas, dan rendahnya daya saing usaha. Permasalahan ini berkaitan erat dengan belum optimalnya penerapan orientasi kewirausahaan, seperti inovasi, pengambilan risiko, dan competitive aggressiveness, yang pada akhirnya memengaruhi kemampuan pelaku usaha dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka di tengah persaingan yang semakin kompetitif.. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap wilayah pemasaran, volume penjualan, dan tingkat keuntungan pelaku usaha sektor kuliner generasi milenial di Kota Malang. Metode: Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS 4. Data diperoleh dari 100 responden pelaku usaha kuliner milenial di Kota Malang melalui penyebaran kuesioner tertutup. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausaahan memiliki pengaruh terhadap wilayah pemasaran sebesar 69,1%, berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 61,8%, dan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan sebesar 69,4%. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha pelaku UMKM generasi milenial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 14 Jul 2025 00:52
Last Modified: 14 Jul 2025 00:52
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item View Item