KEPATUHAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL TERHADAP KEBIJAKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Kirsam Nur, Muhamad Anas and Sutiyo, Sutiyo (2025) KEPATUHAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL TERHADAP KEBIJAKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
repository Muhamad Anas Kirsam 32.0938.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Non-compliance of the Population and Civil Registration Service in Digital Population Identity services which causes a lack of IKD activation in Kendari City. Purpose: This study aims to analyze the compliance of the Population and Civil Registration Service of Kendari City with the Digital Population Identity policy. Method: The research method used by researchers in this study is a descriptive qualitative research method. The data collection techniques used are interviews and documentation. Meanwhile, data analysis techniques are carried out through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Result: The results of the study obtained by researchers indicate that the Population and Civil Registration Service of Kendari City has demonstrated compliance with public service standards in implementing the Digital Population Identity (IKD) policy. Conclusion: The Population and Civil Registration Service of Kendari City has complied in implementing the Digital Population Identity (IKD) policy according to applicable regulations and based on the four dimensions of Ombudsman services, namely input, process, output, and complaints. There are still obstacles that hinder the activation of IKD found during the study, namely the lack of socialization to the community to increase knowledge, interest, and education of the community in activating IKD. Efforts made include increasing socialization and implementing a "jemput bola" program to facilitate IKD activation for the community. Keywords: Digital Population Identity, Public Policy Compliance, Population Administration Services. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Ketidakpatuhan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan Identitas Kependudukan Digital yang menyebabkan kurangnya aktivasi IKD di Kota Kendari. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis kepatuhan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari terhadap kebijakan Identitas Kependudukan Digital. Metode: Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari telah menunjukkan kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam pelaksanaan kebijakan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kesimpulan: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari telah patuh dalam melaksanakan kebijakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sesuai peraturan yang berlaku dan berdasarkan empat dimensi pelayanan Ombudsman, yaitu input, proses, output, dan pengaduan. Masih terdapat kendala yang menghambat aktivasi IKD yang ditemukan selama penelitian yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, minat, dan edukasi masyarakat dalam aktivasi IKD. Upaya yang dilakukan termasuk meningkatkan sosialisasi dan melaksanakan program “jemput bola” untuk mempermudah aktivasi IKD bagi masyarakat. Kata Kunci: Identitas Kependudukan Digital, Kepatuhan Kebijakan Publik, Pelayanan Administrasi Kependudukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:51
Last Modified: 15 Jul 2025 06:51
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item