OPTIMALISASI AKTIVASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI LUAR KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Fariza, Muhammad Hafist Reyhan and Achmad, Mansyur (2025) OPTIMALISASI AKTIVASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI LUAR KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Muhammad Hafist Reyhan Fariza_32.0788_Optimalisasi aktivasi identitas kependudukan digital diluarkantordinaskependudukandanpencatatansipilkotasamarindaprovinsikalimantantimur (1).pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The relatively low number of digital population identity (IKD) activations in Samarinda City compared to the national target of 30% set by the Ministry of Home Affairs, along with the public’s limited awareness of the importance of activating their digital identity. Purpose: To analyze the optimization of digital population identity (IKD) activation services conducted outside the office of the Population and Civil Registration Office of Samarinda City. Method: This research uses a descriptive qualitative method, with data collected through interviews, observations, and documentation. Result: The study reveals efforts to optimize IKD activation services outside the office to improve service performance and reach a wider community. Challenges include low digital literacy, technological limitations, and ineffective public outreach strategies. Conclusion: Despite existing obstacles, the local government has undertaken several initiatives such as human resource training, cross-sector collaboration, and regulatory strengthening to support the effectiveness of digital population administration services. Keywords: Activation, IKD, Optimization ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Masih rendahnya jumlah aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Samarinda dibandingkan dengan target nasional sebesar 30% yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri, serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melakukan aktivasi IKD. Tujuan: Untuk menganalisis optimalisasi pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital di luar kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Metode: Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya optimalisasi pelayanan aktivasi IKD di luar kantor telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja layanan dan memperluas jangkauan kepada masyarakat. Ditemukan beberapa kendala, seperti rendahnya literasi digital masyarakat, keterbatasan teknologi, dan kurang efektifnya kegiatan sosialisasi. Kesimpulan: Pemerintah daerah telah melakukan berbagai inisiatif dalam meningkatkan aktivasi IKD, antara lain melalui pelatihan sumber daya manusia, kolaborasi lintas sektor, serta penguatan regulasi untuk mendukung terwujudnya layanan administrasi kependudukan yang lebih efektif di era digital. Kata Kunci: Aktivasi, IKD, Optimalisasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 27 May 2025 07:11
Last Modified: 27 May 2025 07:11
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/23061

Actions (login required)

View Item View Item