EVALUASI PENERAPAN KEBIJAKAN SISTEM MERIT BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT

Alghaniyyu Ijlal Zaim, Nabil and Firmadhani, Citra (2025) EVALUASI PENERAPAN KEBIJAKAN SISTEM MERIT BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
Repository_32.0133_Nabil Alghaniyyu Ijlal Zaim-1.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The background of this thesis is the significant increase in the Merit System Index in Solok Regency, which rose from 166 (categorized as poor) to 252.5 (categorized as good) compared to the previous year. Purpose: This research aims to evaluate the implementation of the merit system policy for civil servants and to identify the challenges faced by the Regional Civil Service and Human Resource Development Agency (BKPSDM) of Solok Regency. Method: Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used was thematic analysis, followed by data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The evaluation of the merit system policy implementation was based on the eight assessment aspects of the merit system outlined in the Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2018 tentang Pedoman Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara. Results/Findings: The results show that the implementation of the merit system policy for civil servants at BKPSDM Solok Regency has been well-executed in several aspects, particularly in workforce planning and civil servant recruitment. However, there are still challenges in career development, promotion and rotation, as well as optimization of the personnel information system. Conclusion: The implementation of the merit system policy for civil servants at BKPSDM Solok Regency has been generally successful. Nevertheless, strategic measures are needed to accelerate the ratification of supporting regulations, enhance information system integration, and strengthen the capacity of civil servants to ensure a more effective and sustainable application of the merit system. Keywords: Evaluation, Merit System, Civil Servants ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah Indeks Sistem merit di Kabupaten Solok meningkat secara signifikan dari tahun sebelumnya yaitu 166 (kategori buruk) menjadi 252,5 (kategori baik). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kebijakan sistem merit bagi PNS dan mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi oleh BKPSDM Kabupaten Solok. Metode: Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik dan dilanjutkan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui evaluasi penerapan kebijakan sistem merit bagi PNS di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok ini menggunakan delapan (8) aspek penilaian sistem merit dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2018 tentang Pedoman Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan sistem merit bagi PNS di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok telah terlaksana dengan baik dalam beberapa aspek, terutama dalam perencanaan kebutuhan dan pengadaan ASN. Namun, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi dalam aspek pengembangan karier, promosi dan mutasi, serta optimalisasi sistem informasi kepegawaian. Kesimpulan: Penerapan kebijakan sistem merit bagi Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok telah terlaksana dengan baik, namun masih diperlukan langkah strategis untuk mempercepat pengesahan regulasi pendukung, meningkatkan integrasi sistem informasi, serta memperkuat kapasitas ASN agar penerapan sistem merit dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan. Kata Kunci: Evaluasi, Sistem Merit, PNS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 27 May 2025 02:42
Last Modified: 27 May 2025 02:42
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/22922

Actions (login required)

View Item View Item