Putri, Olivia Syah and -, Ardieansyah (2025) Pengaruh Kualitas Aplikasi PEKA (Pekan Kita) Terhadap Evaluasi Penerapan Aplikasi Pengaduan Masyarakat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Other thesis, IPDN.
|
Text
Pengaruh Kualitas Aplikasi PEKA (Pekan Kita) Terhadap Evaluasi Penerapan Aplikasi Pengaduan Masyarakat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau.pdf Download (558kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement: Public complaints regarding suboptimal public facilities in Pekanbaru City have prompted the local government to innovate in delivering citizen complaint services. One such innovation is the development of a mobile-based complaint application, PEKA (Pekan Kita), initiated by the Pekanbaru City Government. Purpose: This study aims to examine the effect of the PEKA application's quality on the evaluation of its implementation and to assess its success in fulfilling the E-GovQual criteria Method: A descriptive quantitative approach was employed using multiple linear regression analysis. The population consisted of users of the PEKA application, with a sample of 20 active users. Result: The results reveal that efficiency, trust, and citizen support have a significant impact on the evaluation of the application, whereas reliability does not show a significant effect. The coefficient of determination (R²) of 58.5% indicates that more than half of the variance in application evaluation can be explained by these quality dimensions. Conclusion: The PEKA application successfully meets most of the e-Government application quality criteria, especially in terms of efficiency, trust, and public support, which are in accordance with the E-GovQual and DeLone and McLean models. However, the reliability aspect still needs to be improved, especially in terms of system stability and certainty of response to public complaints. Keywords: e-government; application quality; PEKA ABSTRAK Permasalahan (Kesenjangan Penelitian): Masyarakat Kota Pekanbaru melaporkan keluhan terhadap fasilitas umum yang sampai saat ini masih belum optimal, menanggapi hal tersebut Pemerintah Kota Pekanbaru menciptakan inovasi layanan pengaduan masyarakat. melalui pengembangan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis seluler, yakni aplikasi PEKA (Pekan Kita) yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas aplikasi PEKA terhadap evaluasi penerapan aplikasi pengaduan masyarakat dan keberhasilan aplikasi PEKA dalam memenuhi kriteria E-GovQual. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis regresi linear berganda. Peneliti mengambil populasi dari pengguna aplikasi PEKA dengan sampel sebanyak 20 pengguna aktif aplikasi PEKA. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat indikator tersebut, efisiensi, kepercayaan, dan dukungan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap evaluasi penerapan aplikasi PEKA, sedangkan keandalan tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 58,5% menunjukkan bahwa lebih dari separuh variasi dalam evaluasi penerapan aplikasi dapat dijelaskan oleh kualitas aplikasi. Kesimpulan: Aplikasi PEKA berhasil memenuhi sebagian besar kriteria kualitas aplikasi e-Government, terutama dalam aspek efisiensi, kepercayaan, dan dukungan masyarakat, yang sesuai dengan model E-GovQual dan DeLone and McLean. Namun, aspek keandalan masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal stabilitas sistem dan kepastian respons terhadap pengaduan masyarakat. Kata kunci: e-government; kualitas aplikasi; PEKA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 26 May 2025 04:17 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:17 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/22607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |