ANALISIS LITERASI DIGITAL APARATUR SIPIL NEGARA DAN MASYARAKAT DI KABUPATEN FAKFAK UNTUK MENDUKUNG KESIAPAN PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK DIGITAL

Fachrudin, Muhammad Fachry and Putri, Titis Sari (2025) ANALISIS LITERASI DIGITAL APARATUR SIPIL NEGARA DAN MASYARAKAT DI KABUPATEN FAKFAK UNTUK MENDUKUNG KESIAPAN PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK DIGITAL. Other thesis, IPDN.

[img] Text
32.1117_Muhammad_Fachry_Fachrudin_G6_Repository.pdf

Download (406kB)

Abstract

ABSTRAK Transformasi digital dalam sektor pelayanan publik menuntut tingkat literasi digital ASN dan masyarakat yang memadai agar proses interaksi dengan layanan digital pemerintah berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital masyarakat berdasarkan empat pilar literasi digital versi Kementerian Komunikasi dan Digital, serta melihat kontribusinya dalam mendukung keberhasilan penerapan pelayanan publik digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei terhadap 89 responden dan ditambah data dukungan melalui 6 informan di wilayah perkotaan dan semi-perkotaan. Instrumen penelitian disusun berdasarkan indikator dalam empat pilar literasi digital yaitu: digital skills, digital safety, digital ethics, dan digital culture. Hasil penelitian mendapatkan total skor 4,22 yang berarti hasil literasi digital sudah baik, dimana mencerminkan kemampuan teknis dasar dan adaptasi budaya penggunaan teknologi digital yang cukup tinggi di kalangan responden. Namun, pilar digital safety dan digital ethics masih memiliki kekurangan dari beberapa indikator, yang menunjukkan masih terdapat kekurangan pemahaman masyarakat terkait keamanan digital dan etika berinternet. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan literasi digital, terutama pada aspek keamanan dan etika, sangat penting untuk mendukung efektivitas dan keberlanjutan pelayanan publik digital. Diperlukan strategi edukasi yang terstruktur dari pemerintah untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan digital dari ASN dan juga masyarakat. Kata kunci: Literasi digital, Pelayanan Publik Digital, 4 Pilar Literasi Digital, Komdigi, Transformasi Digital. ABSTRACT Digital transformation in the public service sector requires an adequate level of digital literacy of civil servants and the community so that the process of interaction with government digital services runs effectively. This research aims to analyze the level of digital literacy of the community based on the four pillars of digital literacy according to the Ministry of Communication and Digital, and to see their contribution in supporting the successful implementation of digital public services. This study uses a descriptive qualitative approach using a survey method of 89 respondents and added supporting data through 6 informants in urban and semi-urban areas. The research instruments are compiled based on indicators in the four pillars of digital literacy, namely: digital skills, digital safety, digital ethics, and digital culture. The results of the study obtained a total score of 4.22 which means that the results of digital literacy are good, which reflects the basic technical skills and cultural adaptation of digital technology use which is quite high among the respondents. However, the pillars of digital safety and digital ethics still have shortcomings from several indicators, which shows that there is still a lack of public understanding related to digital security and internet ethics. These findings indicate that increasing digital literacy, especially in security and ethical aspects, is very important to support the effectiveness and sustainability of digital public services. A structured education strategy from the government is needed to increase the understanding and digital readiness of civil servants and the community. Keywords: Digital literacy, Digital Public Services, 4 Pillars of Digital Literacy, Komdigi, Digital Transformation

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 21 May 2025 06:56
Last Modified: 21 May 2025 06:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item View Item