Strategi Kampanye Politik Tim Pemenangan Prabowo Gibran Melalui Media Sosial pada Pemilihan Presiden 2024 Di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung

Hidayat, Rizky and Nurfurkon, S.STP., M.H., Ardika (2025) Strategi Kampanye Politik Tim Pemenangan Prabowo Gibran Melalui Media Sosial pada Pemilihan Presiden 2024 Di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
2 Strategi Kampanye Politik Tim Pemenangan Prabowo Gibran melalui Media Sosial pada Pemilihan Presiden 2024 di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung.pdf

Download (612kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The 2024 Presidential Election in Bandar Lampung City experienced a phenomenon of increasing Permanent Voter List (DPT) by 151,951 people, but experienced a decrease in voter participation rate compared to the 2019 Presidential Election with a percentage of 75.9% because out of 790,125 people on the Permanent Voter List (DPT), only 600,050 people exercised their voting rights. Nevertheless, the Prabowo and Gibran pair succeeded in winning the 2024 Presidential Election. Purpose: The purpose of this research is to identify and examine the political campaign strategies through social media used by the winning team of presidential and vice presidential candidates Prabowo Gibran in winning the 2024 Presidential Election in Bandar Lampung City, Lampung Province. Method: This research uses a descriptive qualitative method using the Political Campaign Strategy theory from Holbert and Benoit in 2009. Informants were selected through purposive sampling technique and data collection was conducted through in-depth interviews (9 informants) and documentation. The analysis technique used is SWOT. Result: The media connectivity indicator explains that the regional campaign team for Prabowo-Gibran collaborated with volunteers, influencers, as well as print and online media. Furthermore, under the message delivery indicator, there are three main aspects optimized by the regional campaign team: utilizing Instagram features, engaging influencers, and using relevant and appealing hashtags. Lastly, regarding the frequency and quality of interaction, the regional campaign team maintained consistency in posting and remained active. Conclusion: The social media campaign strategy implemented by the Prabowo Campaign Team in Bandar Lampung ran effectively. This success was achieved due to strong collaboration between the internal regional campaign team and external parties, which increased political participation and public trust, ultimately leading to Prabowo and Gibran winning the vote in Bandar Lampung City. Keywords: Campaign Strategy, Social Media, Presidential Election ABSTRAK Permasalahan (Kesenjangan Penelitian): Pemilihan Presiden tahun 2024 di Kota Bandar Lampung mengalami fenomena peningkatan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 151.951 jiwa, akan tetapi mengalami penurunan tingkat partisipasi pemilih dibandingkan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 dengan persentase 75,9% dikarenakan dari 790.125 jiwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya 600.050 jiwa masyarakat yang menggunakan hak suaranya. Meskipun begitu pasangan Prabowo dan Gibran berhasil memenangkan Pemilihan Presiden 2024. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji strategi kampanye politik melalui media sosial yang digunakan tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Gibran dalam memenangkan Pemilihan Presiden 2024 di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Strategi Kampanye Politik dari Holbert dan Benoit tahun 2009. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling serta teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (9 informan), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu SWOT. Hasil/Temuan: Indikator keterhubungan media menjabarkan bahwa kerja sama yang dilakukan oleh tim pemenangan daerah Prabowo Gibran dengan relawan, infuencer serta media cetak dan online. Selanjutnya pada indikator penyampaian pesan terdapat 3 (tiga) hal yang dimaksimalkan oleh tim pemenangan daerah Prabowo Gibran seperti penggunaan fitur-fitur instagram, merangkul influencer dan juga penggunaan hashtag yang relevan dan menarik. Terakhir, yaitu pada indikator frekuensi dan kualitas interaksi dilakukan oleh tim pemenangan daerah Prabowo gibran dengan menjaga konsistensi postingan dan keaktifan .Kesimpulan: Strategi kampanye melalui media sosial yang dilakukan oleh Tim Pemenangan Prabowo di Kota Bandar Lampung berjalan dengan baik, hal ini dapat terjadi karena kolaborasi baik antara internal Tim Pemenangan Daerah dengan pihak eksternal sehingga meningkatkan partisipasi politik serta kepercayaan masyarakat sehingga pasangan Prabowo dan Gibran berhasil Memenangkan perolehan suara di Kota Bandar Lampung. Kata kunci: Strategi Kampanye, Media Sosial, Pemilihan Presiden

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 16 May 2025 06:22
Last Modified: 16 May 2025 06:22
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item View Item