Implementasi Kebijakan Program Peningkatan Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas Dalam Menekan Angka Kecelakaan di Kota Padang

Fahrezi, Muhammad Fajar and Sayuti, Sayuti (2025) Implementasi Kebijakan Program Peningkatan Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas Dalam Menekan Angka Kecelakaan di Kota Padang. Other thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Repository_Muhammad Fajar Fahrezi_32.0131.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the problem of increasing the number of traffic accident cases in Padang City in 2019-2023 so that it is necessary to implement policy programs to improve traffic safety facilities so that it can reduce the number of traffic accidents in Padang City. Purpose: The aim of this research is to find out and describe the implementation of the policy program to improve traffic safety facilities in reducing the number of accidents in Padang City along with the supporting and inhibiting factors for its implementation. Method: This research uses qualitative methods and analysis of policy implementation according to Charles O. Jones' theory. Data collection techniques were carried out using observation, interviews (11 informants), documentation, and triangulation. Results: The findings obtained by the author in this research are that program implementation is quite good, supported by competent human resources as well as a clear division of main tasks and functions, sufficient and adequate infrastructure and budget, and clear program implementation regulations so as to facilitate implementation in the field. The program also receives support from related institutions such as the traffic police, raharja services, civil service police, and the Communication and Information Department. Apart from that, several obstacles are still found, such as resistance by the community and the lack of availability of technology and innovation to support the efficiency and effectiveness of program implementation. Another obstacle in procuring road equipment facilities in the current year is that they have to wait for budgeting first and they will only be available in the following year. So that the proposed need for road equipment facilities, if they are not available in the current year, cannot be fulfilled spontaneously. Conclusion: Policy implementation of the program to improve traffic safety facilities in reducing the number of accidents in Padang City has gone quite well. Even though several obstacles are still found, this can be of concern to the Padang City Transportation Department so that it can review it, so that the program to improve traffic safety facilities can run smoothly so that it can provide safety facilities for the public in traffic. Keywords: Accident Rate; Traffic Safety Facilities; Policy Implementation ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan peningkatan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Kota Padang tahun 2019-2023 sehingga diperlukannya implementasi kebijakan program peningkatan fasilitas keselamatan lalu lintas sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Padang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kebijakan program peningkatan fasilitas keselamatan lalu lintas dalam menakan angka kecelakaan di Kota Padang beserta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaannya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis terhadap implementasi kebijakan menurut Teori Charles O. Jones. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara (11 informan), dokumentasi, dan triangulasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu, implementasi program yang cukup baik, didukung dengan sumber daya manusia yang berkompeten serta pembagian tugas pokok dan fungsi yang jelas, sarana prasarana serta anggaran yang cukup dan memadai, dan regulasi pelaksanaan program yang jelas sehingga memudahkan pelaksanaan di lapangan. Program juga mendapatkan dukungan dari lembaga terkait seperti polisi lalu lintas, jasa raharja, satpol pp, dan diskominfo. Disamping itu, masih ditemukan beberapa hambatan seperti resistensi oleh masyarakat dan minimnya ketersediaan teknologi dan inovasi dalam mendukung efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program. Kendala lainnya dalam melakukan pengadaan fasilitas kelengkapan jalan pada tahun berjalan, karena harus menunggu penganggaran terlebih dahulu dan baru dapat tersedia pada tahun berikutnya. Sehingga kebutuhan fasilitas kelengkapan jalan yang diajukan jika memang tidak tersedia pada tahun berjalan, tidak dapat terpenuhi secara spontan. Kesimpulan: Implementasi kebijakan terhadap program peningkatan fasilitas keselamatan lalu lintas dalam menekan angka kecelakaan di Kota Padang sudah berjalan cukup baik. Walaupun masih ditemukan beberapa kendala, hal ini dapat menjadi atensi bagi Dinas Perhubungan Kota Padang agar dapat mengkaji ulang, agar program peningkatan fasilitas keselamatan lalu lintas dapat berjalan lancar sehingga dapat memberikan fasilitas keselamatan bagi masyarakat dalam berlalu lintas. Kata kunci: Angka Kecelakaan; Fasilitas Keselamatan Lalu Lintas; Implementasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 20 May 2025 01:56
Last Modified: 20 May 2025 01:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item View Item