STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERAJINAN KULIT DI DESA MANDING SABDODADI BANTUL

Syahida, Raina Atha and Kartiwi, Kartiwi (2025) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERAJINAN KULIT DI DESA MANDING SABDODADI BANTUL. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERAJINAN KULIT DI DESA MANDING SABDODADI BANTUL.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem statement/background (GAP): The problem behind this research is the digital marketing strategy in improving the welfare of Leather Crafts MSME actors in Manding Sabdodadi Village, Bantul, and what factors affect the digital marketing strategy in improving the welfare of Leather Craft MSME actors in Manding Sabdodadi Village, Bantul. Purpose: The purpose of this study is to understand and describe digital marketing strategies in improving the welfare of Leather Craft MSME actors in Manding Sabdodadi Village, Bantul, and analyze the factors that affect digital marketing strategies in improving the welfare of Leather Craft MSME actors in Manding Sabdodadi Village, Bantul. Method: This research uses the concept of Digital Marketing by Eun Young Kim and the 5P Strategy Theory according to Mintzberg. This research method uses a qualitative method with interview and documentation data collection techniques. Results: The result of this research is that the digital marketing strategy has been well implemented by the Bantul Regency Government through the Bantul Regency Small and Medium Business Cooperative Office of Industry and Trade and Micro, Small and Medium Enterprises. Leather Crafts in Manding Sabdodadi Village, Bantul are measured based on four dimensions of digital marketing: interactive, incentive program, site design, cost and 5P strategy theory: plan, ploy, pattern, position, perspective. Conclusion: There is an increase in the welfare of leather handicraft MSME actors after implementing a digital marketing strategy due to an increase in turnover and the number and type of leather craft products every year. Factors that affect digital marketing strategies in improving the welfare of MSME actors are demographic, technological, competitive, and global circumstances. The author's suggestion is to increase the intensity of socialization and training related to BOS (Bantul Online Shop), make regulations and evaluate digital marketing so that MSMEs can increase their income and welfare. Keywords: Digital Marketing, MSMEs, Leather Crafts, Welfare ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah strategi pemasaran digital dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Kerajinan Kulit di Desa Manding Sabdodadi Bantul serta faktor apa saja yang memengaruhi strategi pemasaran digital dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Kerajinan Kulit di Desa Manding Sabdodadi Bantul. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk memahami dan mendeskripsikan strategi pemasaran digital dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Kerajinan Kulit di Desa Manding Sabdodadi Bantul serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi strategi pemasaran digital dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Kerajinan Kulit di Desa Manding Sabdodadi Bantul. Metode: Penelitian ini menggunakan konsep Pemasaran Digital oleh Eun Young Kim dan Teori Strategi 5P menurut Mintzberg. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini yaitu Strategi pemasaran digital telah terlaksana dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Bantul melaui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul dan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kerajinan Kulit di Desa Manding Sabdodadi Bantul diukur berdasarkan empat dimensi pemasaran digital: interactive, incentive program, site design, cost dan teori strategi 5P: plan, ploy, pattern, position, perspective. Kesimpulan: Terdapat peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM kerajinan kulit setelah menerapkan strategi pemasaran digital karena terjadi peningkatan omzet serta jumlah dan jenis produk kerajinan kulit setiap tahun. Faktor yang memengaruhi strategi pemasaran digital dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM yakni faktor demografi, teknologi, persaingan, dan keadaan global. Saran dari penulis adalah meninngkatkan intensitas sosialisasi dan pelatihan terkait BOS (Bantul Online Shop), membuat regulasi dan evaluasi pemasaran digital agar UMKM dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya. Kata Kunci: Pemasaran Digital, UMKM, Kerajinan Kulit, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 16 May 2025 01:48
Last Modified: 16 May 2025 01:48
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item