PENERTIBAN AKSI UNJUK RASA OLEH SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PROVINSI SULAWESI BARAT (STUDI DI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PROVINSI SULAWESI BARAT)

MUHAMMAD, AHMAD NUR and Ma'ruf', Mu'min (2024) PENERTIBAN AKSI UNJUK RASA OLEH SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PROVINSI SULAWESI BARAT (STUDI DI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PROVINSI SULAWESI BARAT). Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY AHMAD NUR MUHAMMAD_31.0947_PENERTIBAN AKSI UNJUK RASA.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

Permasalahan (GAP):Penelitian ini dilatar belakangi oleh aksi unjuk rasa yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat selama beberapa tahun kebelakang yang menimbulkan potensi masalah baru dan terganggunya ketentraman dan ketertiban umum seperti kericuhan dan tindakan anarkis. Meskipun permasalahan terkait ketertiban dalam menyampaikan aspirasi didepan umum sudah diatur dengan jelas dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat. Namun dalam kenyataannya masalah penertiban masih belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya solusi secara efektif yang dilakukan. Tujuan: Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait penertiban yang dilakukan maupun kendala yang ditemui pada saat proses penertiban berlangsung di Provinsi Sulawesi Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui pendekatan induktif dengan penganalisisan berdasarkan teori penertiban. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa Satpol PP telah melaksanakan tugas penertiban terhadap kegiatan unjuk rasa yang terjadi. Namun pada pelaksanaannya belum sepenuhnya maksimal, hal ini disebabkan masih saja ada giat aksi unjuk rasa yang rusuh dan tidak tertib sesuai dengan aturannya. Selain itu hambatan dan kendala dalam proses penertiban seperti belum lengkapnya sarana dan prasarana serta kurangnya kesadaran masyarakat. Kesimpulan: Kesimpulan dan saran yang ditemukan berupa perlunya optimalisasi dari perihal SDM serta sarana-prasarana yang masih kurang layak oleh Satpol PP Provinsi Sulawesi Barat dan juga perlu melakukan observasi dan memerhatikan bagaimana sikap dan sifat dari golongan masyarakat yang sering melakukan demonstrasi guna sebagai tahap awal deteksi dini dari penertiban aksi unjuk rasa. Kata Kunci: Penertiban, Aksi Unjuk Rasa, Satuan Polisi Pamong Praja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Politics and Government > Governance Policing Practice
Depositing User: Praktik Perpolisian Tata Pamong FPM
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:07
Last Modified: 16 Jul 2024 02:07
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19805

Actions (login required)

View Item View Item