DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH (UMKM) OLEH SUKU DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, USAHA KECIL, DAN MENENGAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA

sabina, aisha and Pitono, Andi (2024) DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH (UMKM) OLEH SUKU DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, USAHA KECIL, DAN MENENGAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
Repository_Aisha Sabina.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, pemerintah menekankan pentingnya pemberdayaan sebagai landasan pembangunan. Salah satu strategi yang diambil adalah mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi nasional dan mandiri ekonomi masyarakat. Namun, dengan munculnya transformasi digital pelaku UMKM dihadapkan pada tantangan baru yang memerlukan strategi pemasaran digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana digitalisasi pemasaran produk, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam digitalisasi pemasaran, serta upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi berbagai hambatan yang muncul dalam proses Digitalisasi Pemasaran UMKM di Kota Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses digitalisasi pemasaran produk UMKM telah diterapkan melalui program Jakpreneur. Implementasi program ini dalam digitasasi pemasaran belum merata karena beberapa hambatan yang ditemukan, seperti pelaku UMKM belum mandiri dalam pemasaran produk secara digital karena masih ketergantungan pada program, keterbatasan sumber daya manusia yang berkualitas, dan kekurangan dalam perencanaan strategis program. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan upaya untuk meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya mandiri dalam digitalisasi pemasaran, menyediakan fasilitas e-learning di website Jakpreneur, meningkatkan komunikasi interaktif dalam sesi pelatihan, perencanaan kegiatan ditingkatkan secara menyeluruh. Saran yang dari hasil penelitian ini adalah untuk terus meningkatkan sosialisasi dan pelatihan secara berkelanjutan dan responsif terhadap kebutuhan peserta agar program terus relevan dan memberikan manfaat yang optimal bagi para peserta. Sehingga dapat mendorong pengembangan program dan terciptanya Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Kota Jakarta Utara yang merata. Kata Kunci : Digitalisasi, Jakpreneur, Pemasaran, Strategi, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 13 Jul 2024 05:53
Last Modified: 13 Jul 2024 05:53
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item