PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MELALUI APLIKASI SI D'NOK DI KOTA SEMARANG

Antariksa, Otniel and Wijaya, Riko (2024) PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MELALUI APLIKASI SI D'NOK DI KOTA SEMARANG. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
31.0473_OTNIEL PRADITYA_D2_18 (2).pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Permasalahan Pelayanan publik adalah pelayanan dasar dalam pemerintahan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat, sehingga peneliti memilih judul sebagai berikut “PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MELALUI APLIKASI SI D’NOK DI KOTA SEMARANG,” yang dimana rumusan masalahnya yakni, bagaimana pelayanan administrasi disdukcapil melalui aplikasi Si D’nok Kota Semarang, Apa yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan aplikasi Si D’nok, Apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Semarang dalam menanggulangi hambatan pelaksanaan aplikasi Si D’nok. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelayanan Disdukcapil melalui Aplikasi Si D’nok Kota Semarang, mengetahui faktor penghambat dalam melaksanakan penggunaan aplikasi Si D’nok di disdukcapil Kota Semarang, mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh Disdukcapil Kota Semarang dalam menanggulangi hambatan pelaksanaan aplikasi Si D’nok. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun fokus penelitian ini adalah Faktor individu/pribadi, Faktor Kepemimpinan, Faktor pelayanan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang melalui aplikasi Si D’nok sudah baik dan sudah sesuai prosedur serta aturan atau kebijakan, hal tersebut dapat dilihat melalui beberapa dimensi yang mengukur pelayanan yakni akuntabilitas, transparansi, kondisional, keseimbangan hak dan kewajiban, kesamaan hak, dan partisipatif, akan tetapi terdapat masih terdapat faktor penghambat, yaitu kurangnya sdm dalam pengoperasian admin si d’nok, kurangnya peralatan penunjang kerja, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Kesimpulan Terdapat beberapa upaya dalam meningkatkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang melalui aplikasi Si D’nok, yakni meningkatkan sumber daya manusia serta melakukan pelatihan, meningkatkan jumlah kapasitas sarana dan prasarana, meningkatkan proses sosialisasi kepada masyarakat. Kata kunci : Aplikasi, Pelayanan Publik, Si D’nok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:14
Last Modified: 10 Jul 2024 03:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item