EVALUASI APLIKASI SIDEMANG DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN DI KELURAHAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

INGGIT, QISTY and Megandaru, Widhi Kawuryan (2024) EVALUASI APLIKASI SIDEMANG DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN DI KELURAHAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
QISTY ANGGUN ADHANIA INGGIT_31.0239_EVALUASI APLIKASI SIDEMANG DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN DI KELURAHAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang (GAP): Pelayanan administrasi yang efisien dan efektif di tingkat lokal memiliki dampak langsung pada kepuasan masyarakat dan kemajuan wilayah tersebut. Pemerintah Kelurahan Alang-Alang Lebar telah menerapkan digitalisasi terhadap layanan administrasi, seperti halnya penggunaan aplikasi SIDEMANG. Namun, dalam penggunaannya masih menghadapi berbagai kendala di antaranya respon admin terhadap keluhan pengguna aplikasi masih belum optimal, feedback yang diberikan oleh admin kepada masyarakat selaku user belum optimal atau dengan kata 2 lain timbal balik yang diharapkan oleh masyarakat dari aplikasi ini belum dapat terwujud, dan tampilan aplikasi SIDEMANG yang kurang menarik perhatian masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan sebagai suatu langkah strategis untuk memahami dan mengevaluasi sejauh mana aplikasi SIDEMANG telah berkontribusi terhadap perbaikan proses administrasi di kelurahan tersebut. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara langsung. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi dari aplikasi SIDEMANG di antaranya kurangnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi SIDEMANG, namun pemerintah melalui DISKOMINFO Kota Palembang terus melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap aplikasi SIDEMANG. Kesimpulan: Evaluasi ini menyoroti baik kekurangan saat ini maupun upaya yang sedang dilakukan untuk meningkatkan aplikasi SIDEMANG, menunjukkan kebutuhan akan peningkatan keterlibatan masyarakat dan optimalisasi lebih lanjut dari aplikasi tersebut untuk memenuhi harapan pengguna. Kata Kunci: Aplikasi SIDEMANG, Evaluasi Aplikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang ABSTRACT Background (GAP): Efficient and effective administrative services at the local level have a direct impact on community satisfaction and the progress of the region. The Alang-Alang Lebar Subdistrict Government has implemented digitalization of administrative services, such as the use of the SIDEMANG application. However, its use still faces various obstacles, including the admin's response to complaints from application users, which is still not optimal. The feedback given by the admin to the community as users is not optimal, or in other words, the reciprocity expected by the community from this application has not been realized. Additionally, the appearance of the SIDEMANG application attracts less public attention. Objective: This research aims as a strategic step to understand and evaluate the extent to which the SIDEMANG application has contributed to improving administrative processes in the sub-district. Method: The method used in this research is a descriptive qualitative method carried out using a direct approach. Data collection techniques include documentation and interviews. The data analysis techniques used include data reduction, data modeling, and drawing conclusions. Results/Findings: The results of this research show that the evaluation of the SIDEMANG application includes a lack of community participation in using the SIDEMANG application. However, the government through DISKOMINFO Palembang City continues to make improvements and developments to the SIDEMANG application. Conclusion: The evaluation highlights both the current shortcomings and ongoing efforts to enhance the SIDEMANG application, indicating a need for increased community engagement and further optimization of the application to meet user expectations. Keywords: SIDEMANG Application, Application Evaluation, Palembang City Communication and Information Office

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:11
Last Modified: 08 Jul 2024 02:11
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item