IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM PELAYANAN TERPADU ONLINE KECAMATAN JETIS (SIPENTOLMANIS) DI KABUPETEN MOJOKERTO PROVINSI JAWA TIMUR

Saputro, Wahyu Catur and Roslianah, Roslianah (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM PELAYANAN TERPADU ONLINE KECAMATAN JETIS (SIPENTOLMANIS) DI KABUPETEN MOJOKERTO PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Wahyu Catur - 31.0576 - IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM PELAYANAN TERPADU ONLINE KECAMATAN JETIS.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the Electronic-Based Government System owned by Jetis District, which is essentially the Implementation of the Jetis District Online Integrated Service System (SIPENTOLMANIS). Purpose: The aim of this research is to determine the results of the implementation of SIPENTOLMANIS in services in Jetis District. Method: This research method uses descriptive qualitative methods. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. Results: The findings obtained by the author in this research are that the implementation of sipentolmanis has not run optimally. The obstacles to the optimal implementation of SIPENTOLMANIS are related to the fact that there are still people who are not able to access SIPENTOLMANIS because people do not understand technology and supporting resources for participation such as internet access. Conclusion: The implementation of the Online Integrated Service System or SIPENTOLMANIS shows that service data has improved, but there are still obstacles caused by the community as the main supporting factor for the success of the online service system so that the implementation of SIPENTOLMANIS is still said to not be running optimally. Keywords: Implementation, service system, Sipentolmanis. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang di miliki Kecamatan Jetis yang pada intinya pada Implementasi Sistem Pelayanan Terpadu Online Kecamatan Jetis (SIPENTOLMANIS). Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi SIPENTOLMANIS dalam pelayanan di Kecamatan Jetis. Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang di peroleh penulis dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan sipentolmanis belum berjalan optimal. Adapun penghambat dari optimalnya pelaksanaan SIPENTOLMANIS yaitu terkait dengan masih didapatkannya masyarakat yang belum mampu mengakses SIPENTOLMANIS dikarenakan masyarakat yang kurang paham terkait teknologi serta sumber daya pendukung untuk partisipasi seperti akses internet. Kesimpulan: Implementasi Sistem Pelayanan Terpadu Online atau SIPENTOLMANIS di dapatkan data pelayanan yang sudah meningkat, akan tetapi masih memiliki hambatan yang di sebabkan oleh masyarakat sebagai faktor pendukung utama suksesnya sistem pelayanan online tersebut sehingga pelaksanaan SIPENTOLMANIS masih dikatakan bekum berjalan optimal. Kata Kunci: Implementasi, Sistem pelayanan, Sipentolmanis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:58
Last Modified: 05 Jul 2024 02:58
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19293

Actions (login required)

View Item View Item