PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DATA ORANG ASLI PAPUA DI KABUPATEN SUPIORI PROVINSI PAPUA

Bonay, Noval Suwarko and Setiawan, S.IP, M.Si, Dr. Irfan (2024) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DATA ORANG ASLI PAPUA DI KABUPATEN SUPIORI PROVINSI PAPUA. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
nobox.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/background (GAP): The biggest challenge for improving administrative and population data in Papua is a matter of knowledge, there are still many residents who do not understand the importance of population data, especially those who live in remote areas. Porpuse: To Determine the Influence of the Quality of People's Information Systems Native Papuan (OAP) on User Satisfaction in the Service Population and Civil Registration of Supiori Regency. Method: This research uses a quantitative method, defined as a research method based on the philosophy of positivism, used to research certain populations or samples, collecting data using research instruments, quantitative/statistical data analysis, with the aim of testing the hypotheses that have been established. Results/findings: The results of the research show that the influence of system quality, information quality and service quality on the satisfaction of indigenous Papuan data users in Supiori Regency, Papua Province can be accepted based on the results of the F test, namely 15.721 > 2.64, thus H0 is rejected, H1 is accepted, which means there is a linear relationship. between the independent variable and the dependent variable Conclusion: Based on the conclusion above, the author can give suggestions that good service quality has a great influence on User satisfaction due to a good quality of servicehave a response, ethics, morals, empathy, and desire to serve community wholeheartedly in fulfilling the needs of that the community must get. Keywords: system quality, information quality, service quality, data user satisfaction from native Papuans ABSTRAK Permasalahan/latar belakang (GAP): Tantangan terbesar untuk perbaikan data administrasi dan kependudukan di Papua adalah soal pengetahuan, masih banyak warga yang belum paham pentingnya data kependudukan terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil. Tujuan: Untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Sistem informasi Orang Asli Papua (OAP) Terhadap Kepuasan Pengguna di Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil Kabupaten Supiori. Metode: Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotetsis yang telah ditetapkan. Hasil/temuan: Hasil penelitian menunjukan Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Data Orang Asli Papua Di Kabupaten Supiori Provinsi Papua dapat diterima berdasarkan hasil uji F yaitu 15,721 > 2,64, dengan demikian H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat hubungan yang linier antara variabel independent dengan variabel dependent. Kesimpulan: Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat memberikan saran bahwa kualitas layanan yang baik sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna karena suatu kualitas layanan yang baik memiliki respon, etika, moral, empati, dan keinginan melayani masyarakat dengan sepenuh hati dalam pemenuhan kebutuhan yang masyarakat harus dapatkan.. Kata kunci: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna data orang asli papua

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 05 Jul 2024 00:58
Last Modified: 05 Jul 2024 00:58
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item