PENGELOLAAN LAYANAN ADUAN PUBLIK MELALUI APLIKASI REAKSI ATAS BERITA WARGA (RABEG) DI KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

TAUFIK, EKKY ALGIFARY and ROTZAMI, Drs. ROTZAMI, M.Si (2024) PENGELOLAAN LAYANAN ADUAN PUBLIK MELALUI APLIKASI REAKSI ATAS BERITA WARGA (RABEG) DI KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. Other thesis, IPDN.

[img] Text
ekky algifari (1) (1) lat.pdf

Download (575kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The app was inaugurated in 2018 and initially received a positive response with 210 complaints. However, in 2019, the number of complaints dropped dramatically to only 21, and public participation continued to decline in subsequent years. There is still a problem of delays in handling complaints reported by the public through the RABEG application, caused by reliance on the central admin to process complaints. Objectives: The purpose of this study aims to examine and find out more about the management of public complaint services through the RABEG application in Serang City. Method: This research uses a qualitative method with a case study approach and uses A Parsu Parasuraman's theory. Results/Findings: Despite experiencing some technical problems during development, RABEG has functioned effectively as a community development complaint tool. Conclusion: Socialization is needed, especially in Serang City, to increase its understanding and use. Thus, RABEG makes it easier for the community to submit complaints because it can be accessed by anyone. Keywords: Management, Public Service, Complaint Application, RABEG, Convenience ABSTRAK Permasalahan (GAP): Aplikasi ini diresmikan pada tahun 2018 dan pada awalnya mendapatkan respons positif dengan 210 aduan. Namun, pada tahun 2019, jumlah aduan mengalami penurunan drastis menjadi hanya 21, dan partisipasi masyarakat terus menurun di tahun-tahun berikutnya. Masih terdapat masalah keterlambatan dalam penanganan aduan yang dilaporkan oleh masyarakat melalui aplikasi RABEG, yang disebabkan oleh ketergantungan pada admin pusat untuk memproses aduan. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui lebih lanjut terkait pengelolaan layanan aduan publik melalui aplikasi RABEG di Kota Serang. Metode: penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teori A Parsu Parasuraman. Hasil/Temuan: Meskipun mengalami beberapa masalah teknis selama pengembangan, RABEG telah berfungsi efektif sebagai alat pengaduan pembangunan masyarakat. Kesimpulan: Diperlukan sosialisasi khususnya di Kota Serang untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaannya. Dengan demikian, RABEG memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aduan karena dapat diakses oleh siapa pun. Kata kunci: Pengelolaan, Pelayanan Publik, Aplikasi Pengaduan, RABEG, Kemudahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:14
Last Modified: 03 Jul 2024 03:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item