EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PENGELOLAAN APLIKASI ELEKTRONIK SISTEM MANAJEMEN LAYANAN KEPEGAWAIAN (E-SMILE) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH KOTA PANGKALPINANG

Prayoga, Achmad and Drs, Haryanto, M.Si, Drs, Haryanto, M.Si (2024) EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PENGELOLAAN APLIKASI ELEKTRONIK SISTEM MANAJEMEN LAYANAN KEPEGAWAIAN (E-SMILE) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH KOTA PANGKALPINANG. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repository_ACHMAD PRAYOGA_31.0250.pdf

Download (250kB)

Abstract

ABSTRACTBackground (GAP): Performance in government is often described as a complex phenomenon in achieving outcomes by employees within the public administration system. Currently, employees are faced with demands to keep up with technological advancements as tools to address the challenges and needs of both the government and the society. Objective: This research aims to evaluate the level of professionalism among employees, identify inhibiting factors, and explore the efforts undertaken by BKPSDMD Kota Pangkalpinang. Method: The method applied is qualitative research, utilizing descriptive and inductive approaches. Data collection is conducted through interviews, observations, and documentation. Data analysis involves reduction, presentation, drawing conclusions, and triangulation. Results/Findings: The research findings indicate that the level of professionalism among employees is relatively good, but there are weaknesses in effectiveness aspects such as quantity of work, quality of work, and time management, as well as efficiency aspects concerning costs. The insufficient number of employees is a primary cause of lack of focus in managing the E-SMILE application and executing other tasks. BKPSDMD Kota Pangkalpinang has made efforts to address these constraints. Conclusion: Recommendations from this research include redefining the role of employees in application management and promptly filling workforce gaps by recruiting employees with expertise relevant to their field.Keywords: performance, employees, applicationABSTRAKLatar Belakang (GAP): Kinerja di pemerintahan seringkali dijelaskan sebagai fenomena yang kompleks dalam mencapai hasil oleh pegawai dalam sistem administrasi publik. Saat ini, pegawai dihadapkan pada tuntutan untuk mengikuti perkembangan teknologi sebagai alat bantu dalam menyelesaikan tantangan dan kebutuhan pemerintah dan masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat profesionalitas pegawai, mengidentifikasi faktor-faktor penghambatnya, dan menggali upaya-upaya yang telah dilakukan oleh BKPSDMD Kota Pangkalpinang. Metode: Metode yang diterapkan adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif dan induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, serta triangulasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profesionalitas pegawai telah terbilang baik, namun terdapat kelemahan pada aspek efektivitas dalam hal kuantitas kerja, kualitas kerja, dan penggunaan waktu, serta pada aspek efisiensi dalam hal biaya. Kurangnya jumlah pegawai menjadi salah satu penyebab utama ketidakfokusan dalam pengelolaan aplikasi E-SMILE dan pelaksanaan tugas-tugas lainnya. BKPSDMD Kota Pangkalpinang telah melakukan upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Kesimpulan: Rekomendasi dari penelitian ini adalah mendefinisikan kembali peran pegawai dalam manajemen aplikasi dan segera mengisi kekosongan tenaga kerja dengan merekrut pegawai yang memiliki keahlian sesuai bidangnya.Kata Kunci: Kinerja, Pegawai, Aplikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Public Sector Human Resource Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:37
Last Modified: 03 Jul 2024 01:37
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item