ANALISIS KUALITAS WEBSITE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BENGKULU

RAHMADINA, SANDA and Megandaru, Widhi Kawuryan (2024) ANALISIS KUALITAS WEBSITE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BENGKULU. Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
Sanda Rahmadina_31.0091_Analisis Kualitas Website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu. Alasan riset ini layak dan perlu dilakukan karena yang pertama, berdasarkan hasil kajian literatur belum ada riset yang mengkaji terkait kualitas website Dinas Komunikasi dan Informatika di Kota Bengkulu. Kedua, kurangnya minat masyarakat untuk memperoleh informasi dari website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu. Ketiga, kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu. Keempat, pengunjung website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu. yang terus menurun ditinjau dari periode bulan September-November 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mix method. Alasan penelitaian ini menggunakan mix method yaitu untuk memperdalam hasil penelitian melalui wawancara dan memperluas hasil penelitian melalui survey. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan meyebarkan kuisioner dan kualitatif dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan, observasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini menggunakan teori kualitas website yang dikemukan oleh Alvaro Rocha (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Kualitas Teknis, website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu sudah baik dan tidak ditemukan permasalahan secara teknis. Adapun secara Kualitas Layanan, menunjukkan layanan yang disediakan sangat membantu masyarakat mendapatkan informasi publik. Kualitas Isi, secara tampilan sudah sesuai sehingga memudahkan masyarakat membaca informasi yang disajikan. Pada penelitian ini peneliti memberikan saran untuk Kualitas Teknis, yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika tetap terus meningkatkan fasilitas untuk meningkatan kualitas website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu agar menjadi lebih baik. Untuk Kualitas Layanan, khususnya pada indikator Responsiveness untuk terus meningkatkan daya tanggap terhadap permohonan informasi yang masuk agar masyarakat akan terus menggunakan website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu untuk memperoleh informasi. Dan untuk Kualitas Isi, untuk terus ditingkatkan khusunya pada indikator representative,karena tampilan website merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh masyarakat, sehingga perlu ditingkatkan untuk menarik perhatian masyarakat. Kata Kunci : Kualitas, Website, Dinas Komunikasi dan Informatika, Bengkulu 6 ABSTRACT This research has the aim of finding out how the quality of the Communication and Informatics Office of Bengkulu City. The reason this research is feasible and necessary is because first, based on the results of the literature review, there is no research that examines the quality of the website of the Communication and Information Technology Office in Bengkulu City. Second, there is a lack of public interest in obtaining information from the website of the Communication and Informatics Office of Bengkulu City. Third, the lack of socialization carried out by the Bengkulu City Communication and Informatics Office. Fourth, visitors to the website of the Bengkulu City Communication and Informatics Office. which continues to decline in terms of the period September- November 2023. The research method used is the mix method. The reason this research uses a mix method is to deepen the research results through interviews and expand the research results through surveys. Quantitative data collection techniques are carried out by distributing questionnaires and qualitative interviews, documentation and observation. The sampling technique used was purposive sampling. Quantitative data analysis techniques are carried out by validity and reliability tests, while qualitative data analysis is carried out by presenting data and drawing conclusions. This study uses the website quality theory put forward by Alvaro Rocha (2012). The results showed that from the Technical Quality, the website of the Bengkulu City Communication and Information Agency was good and no technical problems were found. As for the Quality of Service, it shows that the services provided really help the public get public information. Content Quality, in terms of appearance, is appropriate so that it makes it easier for people to read the information presented. In this study, researchers provide suggestions for Technical Quality, namely the Communication and Informatics Office continues to improve facilities to improve the quality of the website of the Bengkulu City Communication and Informatics Office to be better. For Service Quality, especially in the Responsiveness indicator to continue to improve responsiveness to incoming information requests so that people will continue to use the website of the Bengkulu City Communication and Informatics Office to obtain information. And for the Quality of Content, to continue to be improved, especially on representative indicators, because the appearance of the website is the first thing seen by the public, so it needs to be improved to attract the attention of the public. Keywords: Quality, Website, Communication and Information Agency, Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jul 2024 00:27
Last Modified: 03 Jul 2024 00:27
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item