Rachmadiyanto, Fani (2024) Kualitas Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Other thesis, IPDN.
|
Text
Fani Rachmadiyanto_31.0537_Kualitas Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur.pdf Download (534kB) | Preview |
Abstract
Problem Statement/Background (GAP): Building Approval or PBG is a permit regarding the legality of the establishment of a building. Construction in Gresik Regency is currently progressing rapidly, prompting the Gresik Regency DPMPTSP to provide services for PBG processing. Out of 829 applications for permits, only 297 have been completed so far. Purpose: The purpose of this research is to determine the quality of service of the Building Approval using the Building Management Information System or SIMBG at the DPMPTSP of Gresik Regency. Method: The research method employed is qualitative research with a descriptive approach and an inductive method. Data collection techniques involve triangulation through interviews, observations, and documentation. Result: The findings obtained by the researcher in this study indicate that the service of PBG using SIMBG at the Gresik Regency DPMPTSP is generally good, but not yet optimal due to existing obstacles. Conclusion: From the five dimensions of service quality theory by Zeithaml et al. (1990) as cited in Hardiyansyah (2011), which consist of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy, all are rated as good but not yet optimal. This is particularly evident in the assurance dimension of timeliness, where the issuance of permits exceeds 29 days. This delay is attributed to incomplete and inappropriate requirements from applicants or the public, as well as delays in the issuance of recommendation letters from relevant departments. Therefore, the DPMPTSP of Gresik Regency continues to enhance support for applicants/public and improve coordination with relevant departments to expedite the issuance of recommendation letters Keywords: Building Approval, DPMPTSP , Service Quality ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) merupakan perizinan atas legalitas dari berdirinya suatu bangunan. Pembangunan di Kabupaten Gresik saat ini terus dilakukan dengan pesat sehingga membuat DPMPTSP Kabupaten Gresik melaksanakan pelayanan dalam pengurusan PBG. Sebanyak 829 permohoan pengurusan izin ini, masih 297 yang baru selesai. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung menggunakan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) di DPMPTSP Kabupaten Gresik. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu pelayanan PBG menggunakan SIMBG di DPMPTSP Kabupaten Gresik sudah baik, namun belum maksimal karena adanya hambatan. Kesimpulan: Dari lima dimensi dari teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, dkk (1990) dalam Hardiyansyah (2011), yang terdiri dari lima dimensi, yaitu berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati sudah dalam kategori baik, tetapi belum maksimal. Hal ini disebabkan pada dimensi jaminan ketepatan waktu dimana penerbitan izinnya melebihi 29 hari. Hal itu disebabkan banyak pemohon atau masyarakat yang persyaratannya kurang dan tidak sesuai dan juga disebabkan karena keterlambatan penerbitan surat rekomendasi dari dinas terkait. Maka dari itu DPMPTSP Kabupaten Gresik terus meningkatkan pendampingan kepada pemohon/masyarakat dengan baik dan memperbaiki koordinasi dengan dinas terkait agar dapat segera menerbitkan surat rekomendasi. Kata kunci: DPMTSP; Kualitas pelayanan; Persetujuan Bangunan Gedung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Local Government Administration |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:43 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:43 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19090 |
Actions (login required)
View Item |