Fahasiin, Muhammad Nuur and Meltarini, Meltarini (2024) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI INOVASI (SP4N–LAPOR) DI KABUPATEN SUKOHARJO PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, IPDN.
|
Text
Muhammad Nur Fahassin_31.0465_Partisipasi Masyarakat Dalam Pengaduan Pelayanan Publik Melalui Inovasi SP4N-LAPOR di Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah.pdf Download (500kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Indonesian citizens have been facing various problems in submitting complaints related to public services. The author focuses on the low level of community participation in public service complaints in Sukoharjo Regency. According to data recorded by Diskominfo Sukoharjo Regency, there is still little public participation through the Public Service Complaint Management System (SP4N-LAPOR) application in conveying aspirations / complaints related to public services in the Sukoharjo Regency area. Purpose: The purpose of this study is to find out how the form of community participation and what are the obstacles for the community in conveying aspirations/complaints through SP4N-LAPOR innovation in Sukoharjo District. Method: This research uses a qualitative research method with a descriptive approach. Results/Findings: The findings obtained by the author in this study are that community participation in the SP4N-LAPOR application in decision making is sufficient, in implementation it runs smoothly, utilisation of results is good, and evaluation is good even though it is still constrained by the low level of awareness of some people and the lack of public understanding of the SP4N-LAPOR application as a means of complaint. Conclusion: The participation of the reporting community through the SP4N-LAPOR application in Sukoharjo District has been running well, this is due to the good collaboration of the SP4N-LAPOR organiser with the local government in following up cases of problems reported by the community. In order to increase public participation in public services, it is recommended to optimise the use of information technology and disseminate access to aspiration channels through social media so as to increase public understanding of the SP4N-LAPOR application as a means of complaint. Keywords: Participation; Community; Complaints; Public Service ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Masyarakat Indonesia selama ini menghadapi berbagai masalah dalam menyampaikan pengaduan terkait pelayanan publik. Penulis berfokus pada rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pengaduan pelayanan publik yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Menurut data yang tercatat oleh Diskominfo Kabupaten Sukoharjo menunjukkan masih sedikitnya partisipasi masyarakat melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N-LAPOR) dalam menyampaikan aspirasi/aduan terkait pelayanan publik di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi masyarakat serta apa yang menjadi hambatan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi/aduan melalui inovasi SP4N-LAPOR di Kabupaten Sukoharjo. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu partisipasi masyarakat dalam aplikasi SP4N-LAPOR dalam pengambilan keputusan tergolong cukup, pada pelaksanaan berjalan lancar, pemanfaatan hasil tergolong baik, dan evaluasi tergolong baik meskipun masih terkendala dengan tingkat kesadaran beberapa masyarakat yang masih rendah dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai aplikasi SP4N-LAPOR sebagai sarana pengaduan. Kesimpulan: Partisipasi masyarakat pelapor melalui aplikasi SP4N-LAPOR di Kabupaten Sukoharjo telah berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan adanya kolaborasi yang baik dari penyelenggara SP4N-LAPOR dengan pemerintah setempat dalam menindaklanjuti kasus masalah yang dilaporkan oleh masyarakat. Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik, disarankan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan penyebarluasan akses panyaluran aspirasi melalui media sosial sehingga bisa meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap aplikasi SP4N-LAPOR sebagai sarana pengaduan. Kata Kunci: Partisipasi; Masyarakat; Pengaduan; Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics |
Depositing User: | Politik Indonesia Terapan |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/19047 |
Actions (login required)
View Item |