OPTIMALISASI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA MIKRO DODOL NANAS DI DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI

Viliandra, Chantika and PRIHATINI, JULIATI (2024) OPTIMALISASI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA MIKRO DODOL NANAS DI DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
Repository Chantika new.pdf

Download (508kB)

Abstract

Desa Tangkit Baru merupakan salah satu desa di Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi yang memiliki potensi sumber daya nanas yang melimpah, sehingga berdampak pada menjamurnya pelaku usaha mikro olahan nanas salah satunya yaitu produk dodol nanas. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muaro Jambi diketahui bahwa terdapat lima belas dari tiga puluh pelaku usaha mikro di Desa Tangkit Baru dengan produk dodol nanas. Untuk itu Dinas Koperasi dan Perindustrian Kabupaten Muaro Jambi sebagai wakil dari pemerintah wajib melakukan pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro dodol nanas di Desa Tangkit Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa optimal Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro dodol nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa data primer ataupun data sekunder yang diperoleh melalui teknik wawancara. Adapun peneliti menggunakan teori optimalisasi Siringoringo untuk menganalisis seberapa optimal pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro dodol nanas yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi yang dilakukan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muaro Jambi dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro dodol nanas di Desa Tangkit Baru sudah optimal hal ini didasarkan pada terpenuhinya dimensi pada teori optimalisasi yang digunakan. Terdapat beberapa faktor penghambat optimalisasi pemberdayaan pelaku usaha mikro dodol nanas di Desa Tangkit Baru diantaranya yakni kurangnya pegawai Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muaro Jambi, Kurangnya keterampilan pelaku usaha mikro dodol nanas dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memasarkan dan menjual produk dodol nanas melalui e- commerce.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:28
Last Modified: 27 Jun 2024 07:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18979

Actions (login required)

View Item View Item