Fadhlurohman, Fikri and Sartika, Ika (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN INOVASI ANTIK DALAM PELAYANAN PERIZINAN PADA DPMPTSP DI KABUPATEN SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, IPDN.
|
Text
EFEKTIVITAS LAYANAN INOVASI ANTIK DALAM PELAYANAN PERIZINAN PADA DPMPTSP DI KABUPATEN SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK EFEKTIVITAS LAYANAN INOVASI ANTIK DALAM PELAYANAN PERIZINAN PADA DPMPTSP DI KABUPATEN SERUYAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Oleh : Fikri Fadhlurohman Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Ika Sartika, M.T Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Seruyan memiliki fungsi memberikan Pelayanan kepada Masyarakat di bidang Perizinan dan Non Perizinan dengan pedoman Pelayanan SIP (Seruyan, Inovatif dan Profesional) Masyarakat PAS (Puas, aman Berusaha dan Sejahtera) sehingga terwujud pelayanan yang berkualitas dan profesional. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam mengurus perizinan serta kurangnya tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang handal untuk mencapai tingkat kinerja yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis efektivitas layanan inovasi ANTIK (Ambil Data Antar Izin Ke Tempat) sehingga memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan perizinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat telah mengenal inovasi layanan ANTIK yang tentunya memberikan kemudahan dan kesederhanaan prosedur. Akan tetapi, efektivitas layanan inovasi ANTIK pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Seruyan masih belum efektif ditandai masih terdapat kendala yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan ANTIK. Kata Kunci : Efektivitas, ANTIK, Perizinan ABSTRACT EFFECTIVENESS OF ANTIQUE INNOVATION SERVICES IN LICENSING SERVICES AT DPMPTSP IN SERUYAN DISTRICT CENTRAL KALIMANTAN PROVINCE By : Fikri Fadhlurohman Advisor : Dr. Ir. Ika Sartika, M.T The Seruyan Regency One Stop Investment and Integrated Services Service has the function of providing services to the community in the fields of licensing and non-licensing with the guidelines of SIP (Seruyan, Innovative, and Professional) and Community PAS (Satisfied, Safe Business, and Prosperous) so that quality and professional services can be realized. The problems that occur are the lack of public awareness and knowledge in managing permits and the lack of workers who have reliable abilities to achieve optimal performance levels. This research aims to research and analyze the effectiveness of the ANTIK innovation service (Take Data Between Permits to Places) so as to make it easier for the public to process permits. The method used in this research is descriptive-qualitative. Data collection techniques include interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The results of this research show that the majority of people are familiar with ANTIK service innovations, which of course provide convenience and simplicity of procedures. However, the effectiveness of ANTIK innovation services at the Seruyan Regency Investment and One-Stop Integrated Services Service is still not effective, indicating that there are still obstacles that are inhibiting factors in the implementation of ANTIK. Keyword : Effectiveness, ANTIK, Licensing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Local Government Administration |
Depositing User: | Administrasi Pemerintahan Daerah FMP |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:05 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:05 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18925 |
Actions (login required)
View Item |