STRATEGI PEMASARAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PARTAI ACEH DI KABUPATEN ACEH SELATAN PROVINSI ACEH

Nofisatira, Murjifah and Liauw, Gasper (2024) STRATEGI PEMASARAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PARTAI ACEH DI KABUPATEN ACEH SELATAN PROVINSI ACEH. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Repository Muji.pdf

Download (407kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): Aceh Party, which is a local party, experienced a decrease in votes which led to a decrease in the number of seats in the DPRK of South Aceh Regency. Purpose: This study aims to determine the internal factors and external factors that can influence in increasing the existence of the Aceh Party in South Aceh Regency and to find out the right strategy that can be carried out by the Aceh Party to increase its existence and increase the acquisition of seats in the Aceh Regency House of Representatives. Method: The research method used is a qualitative approach with data collection techniques using observation, interviews and documentation with related parties. And using the S (strength) W (weakness) O (opportunities) T (threats) data analysis technique to determine the right strategy that can be carried out by Partai Aceh. Result: The results showed that the external factors owned by Partai Aceh were quite strong but there were internal factors that scored low so it was necessary to improve the existing weaknesses. Conclusion: To increase the number of Aceh Party seats in the Aceh Selatan Regency House of Representatives, namely the W (weakness) O (opportunities) strategy which contains a push marketing political marketing strategy, namely conducting campaigns by utilizing various media to reach all voters and positioning, namely seeing the strengths and weaknesses of candidates and parties and improving the weaknesses and increasing the strengths. Keywords: Political Marketing Strategy, Aceh Party, Increasing Existence ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Partai Aceh yang merupakan Partai Lokal mengalami penurunan perolehan suara yang menyebabkan penurunan perolehan kursi di DPRK Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi dalam meningkatkan eksistensi Partai Aceh di Kabupaten Aceh Selatan serta mengetahui strategi yang tepat yang dapat dilakukan oleh Partai Aceh untuk meningkatkan eksistensinya dan meningkatkan perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Selatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak yang terkait. Dan menggunakan teknik analisis data S (strength) W (weakness) O (opportunities) T (threats) untuk menentukan strategi yang tepat yang dapat dilakukan oleh Partai Aceh. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal yang dimiliki Partai Aceh cukup kuat namun terdapat faktor internal yang nilainya rendah sehingga diperlukan untuk memperbaiki kelemahan yang ada. Kesimpulan: Untuk meningkatkan jumlah kursi Partai Aceh di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Selatan yaitu strategi W (weakness) O (opportunities) yang berisi strategi pemasaran politik push marketing yaitu melakukan kampanye dengan memanfaatkan berbagai media agar seluruh menjangkau seluruh pemilih dan positioning yaitu melihat kelebihan dan kekurangan dari kandidat dan partai serta memperbaiki yang menjadi kekurangan dan meningkatkan yang menjadi kelebihan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Politik, Partai Aceh, Meningkatkan Eksistensi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:09
Last Modified: 24 Jun 2024 06:09
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item