INOVASI PELAYANAN PARAK ACIL ONLINE DALAM PENERBITAN DOKUMEN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

SIAGIAN, BONDAN REGUEL RAJA TUA (2024) INOVASI PELAYANAN PARAK ACIL ONLINE DALAM PENERBITAN DOKUMEN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, IPDN.

[img] Text
INOVASI PELAYANAN PARAK ACIL ONLINE DALAM PENERBITAN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN.pdf

Download (582kB)

Abstract

ABSTRACT Background (GAP): The implementation of Population Administration services through the PARAK ACIL ONLINE Innovation in Banjarmasin City shows effectiveness in providing a positive response to services. However, problems related to servers, networks, scarcity of equipment and infrastructure still slow down the service process, especially in making Website-Based Death Certificates. Improvement efforts are needed, including providing updated information, increasing administrative efficiency, improving facilities and infrastructure, and providing pick-up and drop-off services for hard-to-reach areas. Objective: This is an important step in improving the quality of Population Administration services through the PARAK ACIL ONLINE Innovation in Banjarmasin City. The aim of this research is to understand the innovations carried out by the Banjarmasin City Population and Civil Registration Service through the PARAK ACIL ONLINE service in the process of issuing death certificates. Method: This research uses a descriptive approach to describe problem solving situations from a data-based perspective. This research also uses Rogers' theory with indicators such as relative advantage, suitability, complexity, possibility of trying, and ease of observation to evaluate online-based service innovation at the Population and Civil Registration Service. Results/Findings: The results of this research show that the implementation of Population Administration services through the PARAK ACIL ONLINE Innovation in Banjarmasin City shows a positive response even though it is still hampered by network, server problems and scarcity of supporting devices. Conclusion: The Department of Population and Civil Registration needs to improve updated information, online administration efficiency, infrastructure improvements, and pick-up and drop-off services to ensure more effective and equitable services for the community. Keywords: Innovation, Public Services, PARAK ACIL ONLINE, Population Administration ABSTRAK Latar Belakang (GAP): Pelaksanaan layanan Administrasi Kependudukan melalui Inovasi PARAK ACIL ONLINE di Kota Banjarmasin menunjukkan efektivitas dalam memberikan respons positif terhadap pelayanan. Namun, kendala terkait server, jaringan, kelangkaan alat, dan infrastruktur masih memperlambat proses pelayanan, terutama pada pembuatan Akta Kematian Berbasis Website. Upaya perbaikan diperlukan, termasuk penyediaan informasi terupdate, peningkatan efisiensi administrasi, perbaikan sarana-prasarana, dan pelayanan jemput bola untuk daerah-daerah sulit dijangkau. Ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas layanan Administrasi Kependudukan melalui Inovasi PARAK ACIL ONLINE di Kota Banjarmasin. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin melalui layanan PARAK ACIL ONLINE dalam proses penerbitan akta kematian. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan situasi penyelesaian masalah dari sudut pandang yang berdasarkan pada data. Penelitian ini juga menggunakan teori Rogers dengan indikator seperti keunggulan relatif, kesesuaian, kompleksitas, kemungkinan dicoba, dan kemudahan pengamatan untuk mengevaluasi inovasi pelayanan berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan Administrasi Kependudukan melalui Inovasi PARAK ACIL ONLINE di Kota Banjarmasin menunjukkan respons positif meskipun masih terkendala oleh masalah jaringan, server, dan kelangkaan perangkat pendukung. Kesimpulan: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil perlu meningkatkan informasi terupdate, efisiensi administrasi online, perbaikan infrastruktur, dan pelayanan jemput bola untuk memastikan pelayanan yang lebih efektif dan merata bagi masyarakat. Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, PARAK ACIL ONLINE, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:16
Last Modified: 26 Jun 2024 03:16
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18854

Actions (login required)

View Item View Item