RESOLUSI KONFLIK POLITIK PASCA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK 2023(DESA KARANG LANGIT KECAMATAN DUSUN TIMUR KABUPATEN BARITO TIMUR)

Annasta Surya, Muhammad Bima (2024) RESOLUSI KONFLIK POLITIK PASCA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK 2023(DESA KARANG LANGIT KECAMATAN DUSUN TIMUR KABUPATEN BARITO TIMUR). Diploma thesis, IPDN Jatinangor.

[img] Text
Repository bima annasta.pdf

Download (333kB)

Abstract

Permasalahan(GAP): Resolusi Konflik serta faktor penyebab konflik pasca pemilihan kepala desa. Tujuan: dari penelitian ini konflik politik pada pilkades serentak serta, mengetahui faktor yang menjadi pemicu terjadinya konflik politik di Desa Karang Langit Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kemudian untuk teknik pengambilan data yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: penelitian ini menunjukkan (a) Dominasi, implikasi pemerintah dalam resolusi konflik menjadi bentuk nyata dari penekanan melalui sebuah instruksi untuk menyelesaikan konflik. (b) Kompromi, tokoh adat berkontribusi dalam resolusi konflik politik dengan melakukan mediasi dan pendekatan kepada masyarakat (c) pemecahan masalah integratif, Partisipasi kepala desa terpilih yang melakukan pendekatan dengan masyarakat Desa (d) Menghindar, peran panitia pada saat mengarahkan masyarakat untuk menghindari berbagai bentuk konflik (e) obliging, salah satu calon dari 3 calon menarik gugatannya di tingkat kecamatan dan menerima kekalahannya. Serta faktor penyebab konflik : (a) Konflik Vertikal, kekecewaan dari calon kepala desa dan masyarakat mengenai hasil yang diumumkan panitia dan (b) Konflik Horizontal, hubungan silaturahmi dan persaudaraan antar masyarakat menjadi renggang. Kesimpulan: penyelesaian konflik politik pasca pilkades (a) adanya kolaborasi antara tokoh adat dan pemerintah daerah secara optimal serta memperkuat regulasi pengawasan pilkades (b) mendamaikan masyarakat dengan beragam kegiatan yang bersifat mempererat tali silaturahmi antar sesama (c) diciptakan regulasi dan sanksi terkait pelanggaran pilkades secara tegas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:48
Last Modified: 13 Jun 2024 04:48
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item View Item