STRATEGI PENINGKATAN PERSENTASE KEPEMILIKAN KTP ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Irsyad, Muhammad and Daraba, Dahyar (2024) STRATEGI PENINGKATAN PERSENTASE KEPEMILIKAN KTP ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM. Other thesis, IPDN.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Final.pdf

Download (395kB)

Abstract

Permasalahan: Penelitian ini menginvestigasi strategi untuk meningkatkan persentase kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Tujuan: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas berbagai strategi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Besar dalam meningkatkan persentase kepemilikan KTP-el. Metode: Pendekatan penelitian kualitatif diadopsi, yang melibatkan wawancara dengan para pemangku kepentingan utama, analisis dokumen resmi, dan observasi proses implementasi. Hasil: Temuan menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Besar telah menggunakan beberapa strategi, termasuk kampanye sosialisasi yang ekstensif, layanan keliling, integrasi layanan, dan inovasi teknologi seperti sistem E-Siap Online. Meskipun strategi-strategi ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, tantangan-tantangan seperti rendahnya kesadaran masyarakat, kendala teknis dalam pengumpulan data biometrik, dan keterbatasan infrastruktur di wilayah terpencil masih ada. Kesimpulan: Studi ini menyimpulkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Besar telah berkontribusi positif dalam meningkatkan persentase kepemilikan KTP-el. Namun, untuk mengatasi tantangan yang ada dan lebih meningkatkan efektivitas, evaluasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan perlu dilakukan secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el); Strategi; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Kabupaten Aceh Besar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:15
Last Modified: 12 Jun 2024 08:15
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item View Item