ANALISIS LAYANAN PENGADUAN MELALUI APLIKASI SIDUMAS PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BADUNG MENGGUNAKAN METODE EUCS

BAGUS MANIK AMERTHA, Anak agung and Zahrati, Wenty (2024) ANALISIS LAYANAN PENGADUAN MELALUI APLIKASI SIDUMAS PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BADUNG MENGGUNAKAN METODE EUCS. Diploma thesis, ipdn.

[img] Text
Repositoy Anak Agung Bagus Manik Amertha_31.0715_ANALISIS LAYANAN PENGADUAN MELALUI APLIKASI SIDUMAS PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BADUNG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Intervensi teknologi saat ini telah memasuki berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pemerintahan. Segala bentuk pelayanan pemerintahan sedang dikembangkan dengan sentuhan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Aplikasi SIDUMAS sebagai bentuk digitalisasi telah menjadi salah satu platform utama bagi masyarakat Kabupaten Badung untuk menyampaikan pengaduan terkait layanan pemerintah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui layanan pengaduan melalui aplikasi SIDUMAS pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung menggunakan metode EUCS. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan pengambilan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan pengaduan melalui aplikasi SIDUMAS pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung sudah berjalan dengan baik. Namun terdapat beberapa kendala yang menghambat proses penyelesaian aduan masyarakat. Kendala tersebut berupa rumitnya proses registrasi dan verifikasi akun, kecepatan pemrosesan aduan, dan user interface yang perlu disederhanakan lagi. Faktor pendukung keberlanjutan aplikasi SIDUMAS yaitu rata-rata tingkat kepuasan layanan, terintegrasi di setiap Organisasi Perangkat Daerah, dan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk melakukan pengembangan. Kesimpulan: Bedasarkan evaluasi pada kemudahan penggunaan ,frekuensi akses layanan, lama waktu pengaduan, dan kecepatan penanganan, dapat disumpulkan bahwa meskipun sebagian besar pengguna merasa nyaman dalam menggunakan aplikasi SIDUMAS,namun masih beberapa kendalan yang perlu diperhatiakan. Kata kunci: Pengaduan Masyarakat, SIDUMAS, EUCS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:09
Last Modified: 07 Jun 2024 06:09
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item