Optimalisasi Pemanfaatan Aset dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan

Nurafdaliana, Nurafdaliana and Eljawati, S.Sos, MM, Eljawati, S.Sos, MM (2024) Optimalisasi Pemanfaatan Aset dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. Optimalisasi Pemanfaatan Aset dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. (Unpublished)

[img] Text
Repository_31.0957_Nurafdaliana.pdf

Download (602kB)

Abstract

Permasalahan (GAP): Penelitian ini fokus membahas tentang belum optimalnya pemanfaatan kekayaan daerah khususnya gedung dan bangunan di Kabupaten Sidenreng Rappang. Latar belakang penelitian ini menjelaskan bahwa pemanfaatan kekayaan daerah 2 terkhusus gedung dan bangunan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang akan berdampak pada pendapatan asli daerah. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan optimalisasi pemanfaatan aset, faktor penghambat optimalisasi pemanfaatan aset serta upaya dalam mengatasi faktor penghambat optimalisasi pemanfaatan aset dalam meningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode: Penelitian ini menggunakan menggunakan Pendekatan Kualitatif melalui Metode Deskriptif serta Pendekatan Induktif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara Semistruktur, Observasi Partisipasi Pasif dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Penelitian ini didasarkan oleh konsep teori Optimalisasi oleh Doli Siregar (2019), dengan dimensi identifikasi, inventarisasi fisik dan legal dan penilaian aset tetap, analisis optimalisasi pemanfaatan aset tetap, dan Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMA). Hasil penelitian, optimalisasi pemanfaatan aset di Kabupaten Sidenreng Rappang belum optimal. Faktor penghambatnya terdiri dari kualitas sumber daya manusia yang kurang, identifikasi yang sulit karena banyaknya aset, kurangnya penyewa gedung dan kebijakan yang tidak sesuai keinginan serta kerusakan akibat lingkungan. Upaya optimalisasi aset adalah dengan memberikan bimbingan teknis, melakukan revitalisasi aset, memberikan fasilitas perizinan yang mudah serta melakukan penghapusan atau pemeliharaan terhadap gedung dan bangunan yang berpotensi dimanfaatkan daerah. Kesimpulan: Optimalisasi Pemanfaatan Aset Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan dikatakan belum optimal dilihat dari empat dari tujuh indikator penelitian menunjukkan hasil yang belum memuaskan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:12
Last Modified: 06 Jun 2024 04:12
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17920

Actions (login required)

View Item View Item