EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI APLIKASI SINTREN DALAM PENERTIBAN ADMINISTRASI PINDAH DATANG DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIREBON PROVINSI JAWA BARAT

FADILAH, M. RIZKI and Mulianingsih, Sunasih (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI APLIKASI SINTREN DALAM PENERTIBAN ADMINISTRASI PINDAH DATANG DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIREBON PROVINSI JAWA BARAT. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI APLIKASI SINTREN DALAM PENERTIBAN ADMINISTRASI PINDAH DATANG DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIREBON PROVINSI JAWA BARAT.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan zaman dan era globalisasi menyebabkan mobilisasi penduduk semakin kompleks dan dinamis. Namun dibalik dinamika tersebut, Aos dan Riwanti (2019) menjelaskan masih banyak masyarakat Kabupaten Cirebon yang tidak melaporkan perpindahannya. Perkembangan zaman yang sangat cepat dan serba teknologi juga menuntut pemerintah untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan publik khususnya pelayanan digital guna meningkatkan efektif dan efisiensi pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menghadirkan aplikasi Sintren sebagai bentuk pelayanan digital dengan tujuan memudahkan masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif aplikasi Sintren dalam pelayanan kepenudukan khususnya di bagian pindah datang, mengetahui apa faktor yang menjadi penghambat dan faktor yang menjadi pendukung, serta mengetahui upaya apa saja yang sudah dan perlu dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat. Metode: Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data yang dipakai dengan melakukan wawancara, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Hasil: Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, peneliti menemukan bahwa pelayanan online aplikasi Sintren masih terdapat beberapa kekurangan seperti kurangnya kepercayaan dari masyarakat terhadap pelayanan online, sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam memberikan pelayanan online, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya aplikasi Sintren serta sosialisasi tata cara pemakaian aplikasi Sintren tersebut. Kesimpulan: Hasil dari penelitian ini bahwa efektivitas pelayanan online melalui aplikasi Sintren dalam pelayanan administrasi kependudukan khususnya di bidang pindah datang belum efektif. Pada penelitian ini, peneliti memberikan saran diantaranya: dapat lebih memperkuat kerjasama dengan OPD, swasta serta Stakeholder lainnya dalam memaksimalkan program pelayanan online aplikasi Sintren, melakukan pengadaan sarana dan prasarana yang bisa menunjang pengelolaan aplikasi Sintren untuk pengajuan dokumen kependudukan, dan lebih gencar dalam mensosialisasikan aplikasi Sitren kepada masyarakat terkait keberadaan dan penggunaannya. Kata Kunci: Efektivitas, Aplikasi Sintren, Pindah Datang, Pengajuan dokumen kependudukan ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The development of the times and the era of globalization have made population mobilization more complex and dynamic. However, behind these dynamics, Aos and Riwanti (2019) explained that there are still many people in Cirebon Regency who do not report their movements. The development of a very fast and technological era also requires the government to innovate in providing public services, especially digital services to improve the effectiveness and efficiency of public services. The Population and Civil Registration Office presents the Sintren application as a form of digital service with the aim of facilitating the community. Purpose: This study aims to see how effective the Sintren application is in population services, especially in the moving-in section, knowing what factors are obstacles and supporting factors, and knowing what efforts have been and need to be made in overcoming obstacles. Method: Researchers used a type of qualitative research descriptive method with an inductive approach. Data collection methods used by conducting interviews, direct observation, and documentation. Result: Based on direct observations in the field, researchers found that the Sintren application online service still has several shortcomings such as a lack of trust from the public in online services, facilities and infrastructure that are less supportive in providing online services, and a lack of socialization to the public regarding the Sintren application and socialization of procedures for using the Sintren application. Conclusion: The results of this study indicate that the effectiveness of online services through the Sintren application in population administration services, especially in the field of moving and coming, has not been effective. In this study, researchers provide suggestions including: can further strengthen cooperation with OPD, the private sector and other stakeholders in maximizing the Sintren application online service program, procure facilities and infrastructure that can support the management of the Sintren application for applying for population documents, and be more vigorous in socializing the Sitren application to the public regarding its existence and use. Keyword: Effectiveness, Sintren App, Moving and Coming, Submission of residence documents

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:33
Last Modified: 05 Jun 2024 03:33
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17774

Actions (login required)

View Item View Item