Halimahtussa’diyyah, Nida (2024) IMPLEMENTASI APLIKASI BALIKPAPAN SINGLE WINDOW SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BALIKPAPAN. Other thesis, IPDN.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI_31.0657_NIDA H.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): This application is part of the government's efforts to support the Balikpapan Smart City program in accordance with the Mayor's Regulation Number 14 of 2022 concerning Electronic-Based Government Systems (SPBE) during its implementation there are problems in the form of there are still many people in balikpapan city who do not know about this application due to lack of socialization. Purpose: To analyze whether the implementation of Balikpapan Single Window Application as a public information service media at the Communication and Informatics Office of Balikpapan City is running well Method: By using descriptive qualitative approach, this research identifies factors that hinder the implementation process of Balikpapan single window application. Information technology is very important to improve the efficiency of public information services to the public. This research uses observation, interview, and documentation methods for data collection. Result: The implementation of Balikpapan Single Window application has not been optimal. The main obstacle is the lack of socialization to the public so that only 100 out of 703,611 residents have downloaded this application. In addition, although the number of employees at Diskominfo is sufficient, the quality of the workforce, especially those with programmer backgrounds, is still inadequate for application development. The budget allocation of 70% for this application shows a high commitment, but still requires better management.Conclusion: A more effective strategy is needed to increase the use of Balikpapan Single Window application and ensure that public information services become more practical and accessible to all Balikpapan people. Recommendations include conducting socialization evenly in the city of balikpapan and recruiting employees according to the required fields and conducting comparative studies to cities that have better integrated applications. Keywords: Balikpapan Single Window; Public Information; Implementation; Public Service 1 ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Aplikasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung program Balikpapan Smart City sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 14 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dalam implementasinya terdapat permasalahan berupa masih banyaknya masyarakat kota balikpapan yang belum mengetahui tentang aplikasi ini karena kurangnya sosialisasi. Tujuan: Untuk menganalisis apakah implementasi Aplikasi Balikpapan Single Window sebagai media pelayanan informasi publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan sudah berjalan dengan baik. Metode: Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat proses implementasi aplikasi Balikpapan Single Window. Teknologi informasi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil/Temuan: Implementasi aplikasi Balikpapan Single Window belum optimal. Kendala utamanya adalah kurangnya sosialisasi kepada masyarakat sehingga hanya 100 dari 703.611 penduduk yang telah mengunduh aplikasi ini. Selain itu, meskipun jumlah pegawai di Diskominfo sudah mencukupi, namun kualitas tenaga kerja terutama yang berlatar belakang programmer masih belum memadai untuk pengembangan aplikasi. Alokasi anggaran sebesar 70% untuk aplikasi ini menunjukkan komitmen yang tinggi, namun masih memerlukan pengelolaan yang lebih baik lagi. Kesimpulan: Aplikasi Balikpapan single window dikatakan belum optimal penggunaannya, Diperlukan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan penggunaan aplikasi Balikpapan Single Window dan memastikan layanan informasi publik menjadi lebih praktis dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat Balikpapan. Rekomendasi yang diberikan antara lain melakukan sosialisasi secara merata di kota balikpapan dan merekrut pegawai sesuai dengan bidang yang dibutuhkan serta melakukan studi banding ke kota-kota yang memiliki aplikasi yang lebih baik dan terintegrasi. Kata kunci: Kata kunci; Balikpapan Single Window; Informasi Publik; Implementasi; Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 06:16 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 06:16 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17498 |
Actions (login required)
View Item |