EVALUASI KUALITAS PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SAROLANGUN

Destania, Sheilla and Indrayani, Etin (2024) EVALUASI KUALITAS PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SAROLANGUN. Other thesis, IPDN.

[img] Text
REPOSITORY SHEILLA.pdf

Download (423kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The Regional Government Information System (SIPD) is a system for managing regional development information, regional financial information, and other interconnected regional government information to be utilized in the implementation of regional development. Then several problems were found related to the application of the SIPD application at BPKAD Sarolangun Regency, one of which was that it still experienced system errors when many people accessed this application, especially during working hours. Purpose: This research was conducted to determine the quality of SIPD with Alvaro Rocha's theory as well as budgeting planning, and information system management. Method: Research conducted by researchers using descriptive qualitative methods, it is hoped that this research can provide an objective picture of the application of SIPD in the financial management process, especially at the budgeting stage in Sarolangun Regency which is the locus of research focus. Data collection was done through interviews, documentation and observation. Data were analyzed using data triangulation. Result: Based on the research conducted, it is found that it is good in terms of data accuracy and easy to access, but there are notes when evaluating through 3 indicators content quality, service quality, and technical quality, especially on network constraints and system error. Conclusion: On the quality of the published information content, it is information that is in accordance with the provisions of applicable documents and regulations so that its accuracy is guaranteed. Then on updating information it is concluded that SIPD is not a website that is updated regularly because it is not a news or public relations website. On the quality of service for the reliability of SIPD, it has been running well to facilitate the process of regional financial management, but for availability at the beginning of use there are still some features that are still incomplete. On technical quality, especially for the accessibility of SIPD, it is quite easy to access and use by its users. Keywords: SIPD; Website Quality; Regional Financial Management ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) merupakan sistem pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi pemerintahan daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Kemudian ditemukan beberapa masalah terkait penerapan aplikasi SIPD di BPKAD Kabupaten Sarolangun, salah satunya ialah masih mengalami error system ketika banyak yang mengakses aplikasi ini khususnya pada jam kerja. Tujuan: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas SIPD dengan teori Alvaro Rocha serta perencanaan penganggaran, dan pengelolaan sistem informasi. Metode: Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran objektif terkait penerapan dari SIPD dalam proses pengelolaan keuangan khususnya pada tahap penganggaran di Kabupaten Sarolangun yang menjadi lokus fokus penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data. Hasil/Temuan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa sudah baik secara akurasi data dan mudah untuk diakses namun terdapat catatan ketika dilakukan evaluasi melalui 3 indikator yaitu kualitas konten, kualitas layanan dan kualitas teknis. Terutama pada kendala jaringan dan error system. Kesimpulan: Pada kualitas konten informasi yang dipublikasikan merupakan informasi yang sesuai dengan ketentuan dokumen dan peraturan yang berlaku sehingga terjamin keakuratannya. Kemudian pada pembaharuan informasi disimpulkan bahwa SIPD bukanlah website yang dilakukan pembaharuan secara rutin dikarenakan bukan sebagai website berita atau hubungan masyarakat. Pada kualitas layanan untuk kehandalan SIPD sudah berjalan baik mempermudah proses pengelolaan keuangan daerah, namun untuk ketersediaan pada awal-awal penggunaan masih ada beberapa fitur yang masih belum lengkap. Pada kualitas teknis khususnya untuk aksesibilitas dari SIPD sudah cukup mudah diakses dan digunakan oleh penggunanya. Kata kunci: SIPD; Kualitas Website; Pengelolaan Keuangan Daerah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:09
Last Modified: 03 Jun 2024 04:09
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item