Waskito, Muh. Wira and Kawuryan, S.IP., M.Si, Dr. Megandaru W. (2024) KUALITAS PELAYANAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI PUBLIK KEPADA MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR. Other thesis, IPDN.
|
Text
REPOSITORY SKRIPSI MUH WIRA WASKITO.pdf Download (527kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem/Background (GAP): The demand for public information disclosure in accordance with concurrent government affairs in the sub-chapter of communication and information, which is currently inadequate transparency of information to the public and the media. Purpose: The purpose of this study is to determine how the quality of PPID services in providing public information to the public in Makassar City. Methods: This research uses descriptive qualitative methods using the theory of Public Service Quality according to Pasolong. Data collection techniques were carried out by triangulating data, namely interview data, observation, and documentation. Results/Findings: The services provided by PPID to the public consist of two forms, namely direct services at Diskominfo Makassar City and also online services through the official website of PPID Makassar City. The services provided are not yet good and maximum because the service place has not been maximally facilitated and the reliability of the service is not yet reliable. Conclusion: The quality of PPID services in providing public information to the public in Makassar City is concluded to be not good and needs significant improvement efforts related to the quality of service to the community. Keywords: Public Information Disclosure, Information and Documentation Management Officer (PPID), Service Quality ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Tuntutan keterbukaan informasi publik sesuai dengan urusan pemerintahan konkuren sub bab bidang komunikasi dan informartika, yang saat ini transparansi informasi kepada publik dan media yang belum memadai. Tujuan: tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan PPID dalam menyediakan informasi publik kepada masyarakat di Kota Makassar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatid deskriptif dengan menggunakan teori Kualitas Pelayanan Publik menurut Pasolong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi data yakni data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Pelayanan yang diberikan oleh PPID kepada masyarakat terdiri atas dua bentuk yakni pelayanan langsung di Diskominfo Kota Makassar dan juga pelayanan online melalui website resmi PPID Kota Makassar. Pleayanan yang diberikan belum baik dan maksimal dikarenakan tempat pelayanan yang belum terfasilitasi secara maksimal dan keandalan pelayanana yang belum bisa diandalkan. Kesimpulan: Kualitas pelayanan PPID dalam memberikan informasi publik kepada masyarakat di Kota Makassar disimpulkan belum baik dan perlu upaya penngkatan yang siginfikan terkait kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kata Kunci: Keterbukaan Informasi Publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:29 |
Last Modified: | 31 May 2024 03:29 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17061 |
Actions (login required)
View Item |