Kesiapan Masyarakat Kabupaten Toba Dalam Menghadapi Pelayanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Berbasis Digital

Az-zahra, Nabila Putri and Wargadianata, Ella Lesmanawaty (2023) Kesiapan Masyarakat Kabupaten Toba Dalam Menghadapi Pelayanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Berbasis Digital. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
KESIAPAN MASYARAKAT KABUPATEN TOBA DALAM MENGHADAPI PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL BERBASIS DIGITAL.pdf

Download (351kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Rendahnya animo pengguna layanan dukcapil online (website) di Kabupaten Toba dengan jumlah pengguna hanya sebanyak 13 orang, angka ini berbanding terbalik dengan tingkat indeks partisipasi elektronik di Indonesia serta memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan program layanan yang sedang digencarkan pemerintah dengan pemanfaatan digitalisasi dan bantuan teknologi dalam pelaksanaan penerbitan dokumen kependudukan secara online. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengukuran tingkat kesiapan masyarakat Kabupaten Toba dalam menghadapi penggunaan layanan dukcapil yang berbasis online. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitataif dan analisis terhadap kesiapan masyarakat berdasarkan Teori Plested melalui 6 dimensi kesiapan masyarakat (community readiness model). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (6 responden kunci dan 50 responden pendukung), wawancara terstruktur (40 informan), dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu sebagian besar masyarakat Kabupaten Toba mulai ikut serta terhadap pelaksanaan layanan dan mulai memanfaatkannya, namun tingkat pengetahuan masyarakat masih berada pada tingkat sedikit mengetahui, juga masih terdapat beberapa hambatan masyarakat dalam proses pelaksanaan baik dari segi sarana maupun prasarana. Kesimpulan: Tingkat kesiapan masyarakat Kabupaten Toba pengguna layanan online berada pada angka 7,02 (stabilisasi), namun terdapat beberapa alasan masyarakat pengguna layanan offline masih tetap pada penggunaan layanan konvensional, kemudian ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kesiapan masayarakat Kabupaten Toba serta terdapat saran upaya yang dapat dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toba dalam mengatasi hambatan yang ditemukan. Kata kunci: Kesiapan Masyarakat, pelayanan, dukcapil online, digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 31 May 2024 02:41
Last Modified: 31 May 2024 02:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/17024

Actions (login required)

View Item View Item