RESPONSIVITAS PELAYANAN ADUAN MASYARAKAT MELALUI WADUL BUPATI (Studi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur)

Nalova, Lungki Melen, Lungki (2024) RESPONSIVITAS PELAYANAN ADUAN MASYARAKAT MELALUI WADUL BUPATI (Studi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur). Diploma thesis, IPDN.

[img] Text
REPOSITORY SKRIPSI LUNGKII.pdf

Download (383kB)

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Eksplorasi responsivitas layanan aduan Wadul Bupati Kabupaten Nganjuk, berfokus pada layanan aduan masyarakat yang responsif, cepat, tepat, cermat, tepat waktu, dan aspiratif secara realtime 24 jam. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi responsivitas layanan aduan guna menentukan efektivitas dan efisiensi dalam menangani aduan masyarakat terkait permasalahan di bidang kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman dan ketertiban, kebakaran, kebencanaan, dan sosial wilayah di Kabupaten Nganjuk. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus pada Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Nganjuk, yang mengeksplorasi gambaran responsivitas pelayanan melalui website Wadul Bupati. Hasil: Fakta hasil penelitian ini menunjukkan: 1) responsif pelayanan aduan cukup baik dengan catatan perlu ditingkatkan komunikasi baik antar pengelola layanan maupun masyarakat agar tidak kaku dan normatif, sehingga masyarakat dengan leluasa menyampaikan aduannya kepada pengelola layanan serta tidak terjadi salah persepsi untuk meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan; 2) cepat pelayanan aduan sudah baik; 3) tepat pelayanan aduan cukup baik dengan catatan ketidaksesuaian pengelola layanan dalam meneruskan aduan masuk kepada Perangkat Daerah terkait; 4) cermat pelayanan aduan sudah baik; 5) tepat waktu pelayanan aduan sudah baik; 6) aspiratif pelayanan aduan sudah baik. Kesimpulan: Responsivitas pelayanan aduan masyarakat melalui Wadul Bupati pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk berjalan dengan baik, dikarenakan memenuhi sebagian besar indikator responsivitas pelayanan. Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pengelola layanan disarankan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dan melaksanakan pelayanan sesuai SOP Wadul Bupati. Kata Kunci: Pelayanan Aduan, Wadul Bupati, Responsivitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 27 May 2024 07:03
Last Modified: 27 May 2024 07:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item View Item