EFEKTIVITAS PELAYANAN PEREKAMAN DATA KTP-EL MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENDAFTARAN KTP-EL BAGI SISWA (SINOPSIS) (STUDI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU)

Sulistya, Muhammad Yuwanda (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN PEREKAMAN DATA KTP-EL MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENDAFTARAN KTP-EL BAGI SISWA (SINOPSIS) (STUDI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU). IPDN.

[img] Text
Ringkasan skripsi m.yuanda.pdf

Download (4MB)

Abstract

KTP-EL merupakan identitas resmi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Proses pendaftaran KTP-EL yang masih menggunakan cara konvensional mengalami kendala dalam efektivitas waktu dan biaya. Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru menggunakan aplikasi sistem informasi pelayanan pendafataran KTP-EL untuk mempercepat proses pendaftaran dan mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelayanan perekaman data KTP-EL menggunakan aplikasi sistem informasi pelayanan pendafataran KTP-EL bagi siswa di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara terhadap 80 siswa yang menggunakan aplikasi sistem informasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perekaman data KTPEL menggunakan aplikasi sistem informasi dinilai efektif bagi siswa dalam hal efektivitas waktu, biaya, dan penggunaan aplikasi. Namun, terdapat keterbatasan penelitian ini karena hanya fokus pada persepsi siswa, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi sistem informasi ini secara menyeluruh. Sebagai saran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru perlu meningkatkan promosi aplikasi sistem informasi, meningkatkan kualitas aplikasi sistem informasi, memberikan edukasi kepada siswa, dan melakukan evaluasi secara berkala terhadap efektivitas aplikasi sistem informasi ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru dalam meningkatkan efektivitas pelayanan perekaman data KTP-EL menggunakan aplikasi sistem informasi pelayanan pendafataran KTP-EL bagi siswa.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Mr. Welly Putra Jaya
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:40
Last Modified: 01 Mar 2024 02:40
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item View Item