ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL PEMERINTAH TERHADAP MASYARAKAT DI KABUPATEN SUKOHARJO

Anggiawan, Fahrul Vicky (2023) ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL PEMERINTAH TERHADAP MASYARAKAT DI KABUPATEN SUKOHARJO. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img] Text
FAHRUL VICKY ANGGIAWAN_30.0667_G2_ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL PEMERINTAH TERHADAP MASYARAKAT DI KABUPATEN SUKOHARJO.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Publikasi informasi pemerintahan memainkan peran yang sangat penting karena dapat meningkatkan tingkat transparansi pemerintah, mendorong partisipasi masyarakat dalam keputusan penting yang dibuat pemerintah, memberikan akses informasi terbaru dari pemerintah, serta meningkatkan akuntabilitas pemerintah. Dalam satu kata, publikasi informasi pemerintahan sangat penting dalam meningkatkan keterbukaan, partisipasi dan akuntabilitas pemerintah. Hal tersebut akan membantu mencapai tujuan-tujuan dari negara yang inklusif dan menjaga kesejahteraan rakyatnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengoptimalkan publikasi informasi pemerintahan melalui media sosial di Kabupaten Sukoharjo. Metode: Model penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada lokasi penelitian sebagai teknik pengumpulan data. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Komunikasi Massa oleh Denis Mcquail dengan dimensi Structure, Organizations, Content, Audiences, dan Effects. Hasil/Temuan: Pengaruh yang dihasilkan media sosial Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dapat berupa pengaruh positif atau negatif. Sebagian besar masyarakat mendapat pengaruh positif dari informasi yang di dapat. Sementara itu, masih ada yang berkomentar negatif terkait unggahan dari media sosial Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Kesimpulan: Masyarakat sangat peka terhadap informasi yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui media sosialnya. Masyarakat mampu melihat celah-celah kesalahan yang dilakukan oleh pengelola media sosial dan menyampaikannya lewat kolom komentar di setiap unggahan. Sebagian besar masyarakat mendapatkan pengaruh positif terhadap informasi yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Namun masyarakat masih melihat isu-isu politik yang terkadang tersirat di beberapa informasi yang diunggah. Kata Kunci: Informasi, Media Sosial, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:39
Last Modified: 07 Aug 2023 08:39
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/16282

Actions (login required)

View Item View Item